Efektivitas Media Permainan Truth or Dare dalam Meningkatkan Karakter Jujur Siswa Kelas V Pada Pelajaran PAI Materi Jujur di SDN Banjar Agung 1 Serang

Utami, Vina Dwi (2023) Efektivitas Media Permainan Truth or Dare dalam Meningkatkan Karakter Jujur Siswa Kelas V Pada Pelajaran PAI Materi Jujur di SDN Banjar Agung 1 Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210061_Cover.pdf

Download (200kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210061_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210061_BAB I.pdf

Download (441kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210061_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (536kB)
[img] Teks
S_PAI_191210061_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (672kB)
[img] Teks
S_PAI_191210061_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210061_BAB V.pdf

Download (197kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210061_Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui profil karakter jujur siswa kelas V SDN Banjar Agung 1 Serang. 2) Untuk mengetahui rancangan media permainan Truth or Dare dalam meningkatkan karakter jujur siswa kelas V pada pelajaran PAI materi jujur di SDN Banjar Agung 1 Serang. 3) Untuk mengetahui tingkat efektivitas media permainan Truth or Dare dalam meningkatkan karakter jujur siswa kelas V pada pelajaran PAI materi jujur di SDN Banjar Agung 1 Serang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen design. Instrumen yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Banjar Agung 1 Serang sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas V A (sebagai kelas eksperimen) dan kelas V B (sebagai kelas kontrol) masing-masing 26 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji N-Gain, dan uji Wilcoxon. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil ini ditunjukkan dari skor hasil rata-rata nilai pre test siswa kelas eksperimen yaitu 45,88 dan nilai rata-rata post test 73,42 sedangkan kelas kontrol dengan nilai pre test 48,27 dan nilai rata-rata post test yaitu 65,77. Dengan pemanfaatan media permainan yang bersifat dua arah, menunjukkan adanya peningkatan karakter jujur berdasarkan perbedaan hasil pre test dan post test antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dan pada uji efektivitas rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen yaitu 80% yang termasuk dalam tafsiran sangat efektif sedangkan rata-rata N-Gain pada kelas kontrol dengan pembelajaran tanpa menggunakan media Truth or Dare memperoleh skor 54% yang termasuk dalam tafsiran kurang efektif. Selanjutnya pada hasil perhitungan uji Wilcoxon diketahui Zhitung sebesar -3.177 dan sig sebesar 0,001 < 0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya kelas eksperimen memiliki peningkatan karakter jujur lebih besar daripada kelas kontrol.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Permainan Truth or Dare, Karakter Jujur, Pendidikan Agama Islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Des 2023 03:12
Perubahan Terakhir: 07 Des 2023 03:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13911

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.