Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Di Kelas XI SMAN 1 Pandeglang)

Isnaeni, Suri Aulia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Di Kelas XI SMAN 1 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAi_191210080_Cover.pdf

Download (24kB)
[img] Teks
S_PAi_191210080_Lampiran Depan.pdf

Download (984kB)
[img] Teks
S_PAi_191210080_BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Teks
S_PAi_191210080_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (322kB)
[img] Teks
S_PAi_191210080_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (342kB)
[img] Teks
S_PAi_191210080_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (576kB)
[img] Teks
S_PAi_191210080_BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
S_PAi_191210080_Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstrak

Menurut Saefuddin & Berdiati (2014:48) yang dikutip oleh Afandi, et al. model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan sistem belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran. Model bervariasi juga sangat diperlukan oleh guru agar pembelajaran dikelas tidak terasa membosankan. Guru harus memahami apa yang siswanya butuhkan, sehingga model pembelajaran yang digunakan juga tepat. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada kelas eksperimen. 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada kelas kontrol. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan design penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Quota Sampling. Pada design penelitian ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol telah ditentukan terlebih dahulu oleh peneliti. Kelas eksperimen akan diberikan perlakuan berupa pembelajaran kontekstual sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kontekstual dengan nilai rata-rata 81,09 menunjukkan nilai lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 76,04. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji-t yang menghasilkan nilai signifikansi 0,003 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dengan arti bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pembelajaran kontekstual telah terlaksana dengan baik dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Pandeglang dan memberikan hasil belajar siswa yang meningkat dari sebelumnya. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual memberikan hasil yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran Kontekstual, PAI dan Budi Pekerti, Hasil Belajar Siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Des 2023 07:28
Perubahan Terakhir: 06 Des 2023 07:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13901

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.