Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta'lim Al-Muta'allim dan Kitab Bidayah Al-Hidayah Serta Relevansinya dengan Nilai Pendidikan Karakter di Indonesia

Sopiah, Ade (2023) Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta'lim Al-Muta'allim dan Kitab Bidayah Al-Hidayah Serta Relevansinya dengan Nilai Pendidikan Karakter di Indonesia. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_192610031_COVER.pdf

Download (373kB)
[img] Teks
T_PAI_192610031_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_192610031_BAB I.pdf

Download (725kB)
[img] Teks
T_PAI_192610031_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (475kB)
[img] Teks
T_PAI_192610031_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_192610031_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_192610031_BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Teks
T_PAI_192610031_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstrak

Kitāb Ta’līm Al-Muta’allim dan Kitāb Bidāyah Al-Hidāyah sebuah kitab panduan hasil karya dari Ulama‟ besar Syaikh Az-ZarnūjĪ dan Imām Al-GhazālĪ, mengajak kepada setiap muslim untuk menjadi makhluk yang baik secara total dalam pandangan Allah dan manusia, yang diajarkan melalui sentuhan akhlak-tasawuf. Yang menjadi fokus penelitian ini yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang termaktub dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim karya Syaikh Az-ZarnūjĪ dan Kitāb Bidāyah Al-Hidāyah karya Imām Al-GhazālĪ. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada kitab Ta’līm Al-Muta’allim karya Syaikh Az-ZarnūjĪ dan Kitāb Bidāyah Al-Hidāyah karya Imām Al-GhazālĪ serta relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Jenis penilitian ini adalah penilitian kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: Nilai-nilai Pendidikan karakter dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim karya Syaikh Az-ZarnūjĪ ada 16 nilai karakter, yaitu: cinta ilmu, cinta damai, demokratis, bersahabat/komunikatif, tawadlu‟,cerdas, bersungguh-sungguh, rajin, syukur, zuhud, tawakal, sabar, belas kasih, husnuzhan, wara‟, dan jujur. Sedangkan dalam Kitāb Bidāyah Al-Hidāyah karya Imām Al-GhazālĪ terdapat 10 nilai pendidikan akhlak yaitu: akhlak pencariilmu harus memiliki niat baik dalam mencari ilmu, mengingat Allah,menggunakan waktu dengan baik, akhlak pribadi untuk menjauhi larangan-larangan Allah, etika sebagai seorang pendidik, akhlak peserta didik terhadap pendidik, menjaga etika terhadap orang tua, menjaga hubungan baik dengan orang awam, menjaga hubungan baik dengan teman dekat/sahabat, menjaga hubungan baik dengan orang yang baru dikenal. Relevansi nilai pendidikan karakter dalam Kitāb Ta’līm Al-Muta’allim dan Kitāb Bidāyah Al-Hidāyah dengan pendidikan karakter di indonesia mengandung penanaman nilai-nilai yang meliputi karakter religius, disiplin, tanggung jawab, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, toleransi, jujur, demokratis, menghargai prestasi dan peduli sosial.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan Katakter, Ta’līm Al-Muta’allim, Bidāyah Al-Hidāyah
Subjek: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Ahlak
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 06 Des 2023 06:49
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 09:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13900

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.