DAKWAH MELALUI PENCAK SILAT (Studi di Padepokan Pencak Silat Kesti Tjimande tari Kolot Kebon Djeruk Hilir Kabupaten Lebak)

Rifki, Muhammad (2015) DAKWAH MELALUI PENCAK SILAT (Studi di Padepokan Pencak Silat Kesti Tjimande tari Kolot Kebon Djeruk Hilir Kabupaten Lebak). Tidak Dijelaskan thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf

Download (969kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Dakwah Melalui Pencak Silat.pdf

Download (3MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Taleq merupakan sumpah setia murid pada perguruan. Di dalam tradisi pertaleqan pada pencak silat TTKKDH mengandung nilai-nilai dakwah terlihat dari butir-butir pertaleqan yang menekankan para murid untuk selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Jika di lihat daari sisi historinya taleq ini memang di gunakan sebagai media untuk menyampaikan ajaran islam. Sebagai sebuah produk kebudayaan silat TTKKDH memiliki sebuah sistem budaya yang mengatur para anggotanya. Sistem budaya tersebut di jadikan sebagai sebuah proses transfer nilai-nilai keislaman, karena dalam TTKKDH terdapat sebuah proses penyampaian ajaran-ajaran islam melalui sumpah pertaleqan, dalam hal ini sumpah yang di ikrarkan oleh para murid berupa sumpah bahwa para murid TTKKDH tidak akan meninggalkan solat lima waktu beserta run islam lainya serta akan menjalankan apa yang telah di perintahkan oleh Rosul. Dalam hal taleq merupakan sebuah sistem budaya atau pranata yang di tekankan kepada para anggotanya untuk di jadikan sebagai pedoman hidup oleh warga TTKKDH. Jelaslah dalam pencak silat TTKKDH mengandung nilai-nilai dakwah karena ajaran yang ada di dalamnya bersumber dari Al-qur‟an dan hadis, aturan-aturan yang ada di dalamnya tidak akan di tinggalkan karena hal ini sudah di tekankan melalui sumpah. Di dalam pencak silat TTKKDH terdaopat nilai dakwah yang mempunyai pengertian nilai merupakan sesuatu yang dipentingkan oleh manusia sebagai 68 subjek, yang menyangkut segala sesuatu yang baik atau buruk sebagai abstraksi pandangan, atau maksud dari berbagai pengalaman, dengan seleksi perilaku yang ketat. Di dalam kehidupan masyarakat nilai merupakan sesuatu untuk memberikan tanggapan atas perilaku, tingkah laku, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas masyarakat, baik secara kelompok maupun individu. Sedangkan dakwah mempunyai pengertian sebagai kegiatan untuk mendorong manusia untuk berbuat kebajikandan mengikuti petunjuk agadapat ma, menyeru mereka pada kebaikan dan mencegah mereka dari perbuatan mungkar agar memperoleh kebahagian di dunia dan di akhirat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Tidak Dijelaskan)
Kata Kunci (keywords): Dakwah, Media Dakwah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 03 Mar 2017 03:05
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2017 02:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.