Pandangan Dadan Wildan Tentang Sunan Gunung Jati dalam Karyanya ‘Sunan Gunung Jati, Petuah dan Jejak-jejak Sang Wali di Tanah Jawa’

Afif, Aldi (2023) Pandangan Dadan Wildan Tentang Sunan Gunung Jati dalam Karyanya ‘Sunan Gunung Jati, Petuah dan Jejak-jejak Sang Wali di Tanah Jawa’. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_133500343_Cover.pdf

Download (259kB)
[img] Teks
S_SPI_133500343_Lampiran Depan.pdf

Download (422kB)
[img] Teks
S_SPI_133500343_BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Teks
S_SPI_133500343_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (417kB)
[img] Teks
S_SPI_133500343_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (545kB)
[img] Teks
S_SPI_133500343_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (482kB)
[img] Teks
S_SPI_133500343_BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Teks
S_SPI_133500343_Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB)

Abstrak

Sunan Gunung Jati merupakan sosok yang fenomenal karena kiprahnya yang cukup besar dalam pembumian Islam di Pulau Jawa bagian barat. Akan tetapi dalam periwayatannya, cerita sejarah Sunan Gunung Jati selalu diselimuti dengan banyak unsur fiksional hasil olah fikir dan tujuan para pengkisah dan penulisnya. Sebagai seorang sejarawan, Dadan Wildan dalam karyanya yang berjudul Sunan Gunung Jati, Petuah dan Jejak-jejak Sang Wali di Tanah Jawa berusaha mengungkap unsur faktual yang terdapat dalam cerita sejarah Sunan Gunung Jati dengan melakukan analisis terhadap sumber lisan dan tulisan seperti babad atau naskah-naskah kuno. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana biografi Dadan Wildan?, 2) Bagaimana metode Dadan Wildan dalam penulisan buku „Sunan Gunung Jati, Petuah dan Jejak-jejak Sang Wali di Tanah Jawa‟?, 3) Bagaimana sejarah hidup Sunan Gunung Jati dalam perspektif Dadan Wildan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana biografi Dadan Wildan, 2) Bagaimana metode Dadan Wildan dalam penulisan buku Sunan Gunung Jati, Petuah dan Jejak-jejak Sang Wali di Tanah Jawa, 3) Bagaimana sejarah hidup Sunan Gunung Jati dalam perspektif Dadan Wildan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang diusung oleh kuntowijoyo, yakni: 1) Pemilihan Topik, 2) Pengumpulan Data (Heuristik), 3) Verifikasi (Kritik), 4) Interpretasi, 5) Historiografi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Dadan Wildan lahir pada tanggal 24 September 1967 di Kampung Leles, Desa Mekar Sari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Dalam penulisan karyanya yang berjudul Sunan Gunung Jati, Petuah dan Jejak-jejak Sang Wali di Tanah Jawa, Dadan Wildan melakukan analisis terhadap cerita fiksi tentang Sunan Gunung Jati yang beredar di masyarakat luas, kemudian Dadan Wildan melakukan analisis terhadap cerita fiksi yang terdapat pada naskah-naskah tradisi Cirebon, dan yang terakhir setelah melakukan dua analisis tersebut Dadan Wildan menulis ulang sejarah tentang Sunan Gunung Jati dan kiprahnya dalam pembumian Islam di Tanah Jawa. Menurut Dadan Wildan, perkembangan cerita sejarah Sunan Gunung Jati selalu diselimuti oleh berbagai macam unsur fiksional seperti cerita pejalanan Sunan Gunung Jati mencari ruh Nabi Muhammad SAW untuk berguru agama Islam, cerita itu mengikuti pemikiran dan tujuan penulisannya. Dadan Wildan berpendapat bahwa cerita sejarah Sunan Gunung Jati dan kiprahnya sebagai seorang wali yang terdapat dalam naskah Carita Purwaka Caruban Nagari yang ditulis oleh Pangeran Arya Cerbon pada tahun 1720 M dapat lebih dipercaya kebenarannya karena di dalamnya tidak terdapat cerita fiksional yang berada di luar akal sehat manusia pada umumnya dan dapat dibuktikan dengan tinggalan-tinggalan yang ada di masa ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 900 Sejarah > 904 Dikumpulkan rekening peristiwa
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Des 2023 07:36
Perubahan Terakhir: 05 Des 2023 07:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13890

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.