Tradisi Perkawinan Cio Tao Etnis Cina Benteng Di Kota Tangerang

Khaikal, Fikri (2023) Tradisi Perkawinan Cio Tao Etnis Cina Benteng Di Kota Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_181350021_Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Teks
S_SPI_181350021_Lampiran Depan.pdf

Download (620kB)
[img] Teks
S_SPI_181350021_BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Teks
S_SPI_181350021_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (196kB)
[img] Teks
S_SPI_181350021_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_SPI_181350021_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (128kB)
[img] Teks
S_SPI_181350021_BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Teks
S_SPI_181350021_Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB)

Abstrak

Interaksi antaretnis dapat melahirkan keberagaman dalam budaya yang berkembang di masyarakat. Banyak wilayah di Indonesia yang memiliki beragam etnis yang tinggal di dalamnya, salah satunya Kota Tangerang. Kota Tangerang yang sejak tahun 2000 berada di wilayah Provinsi Banten, memiliki banyak keunikan pada masyarakatnya, salah satunya adalah adanya pembauran antaretnis yang berjalan harmonis antara etnis Betawi, Sunda, Jawa, Melayu, dan Cina. Etnis Tionghoa yang tinggal di Kota Tangerang biasa dikenal dengan sebutan Cina Benteng dapat berbaur dengan masyarakat pribumi banyak mewarnai kebudayaan setempat. Mereka memiliki budaya khas tersendiri yang berbeda dengan warga Tionghoa umumnya, misalnya pada tradisi perkawinan Cio Tao yang sudah bercampur dengan budaya setempat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana asal-usul Etnis Cina Benteng di Kota Tangerang? (2) Bagaimana pelaksanaan tradisi perkawinan Cio Tao Etnis Cina Benteng di Kota Tangerang? (3) Bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Tradisi Cio Tao? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui asal-usul Etnis Cina Benteng di Kota Tangerang. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan tradisi perkawinan Cio Tao Etnis Cina Benteng di Kota Tangerang. (3) Untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam Tradisi Cio Tao. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kebudayaan. Adapun metode. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalam menggunakan teknik-teknik seperti, teknik pengumpulan data (kajian pustaka, pengamatan terlibat, dan wawancara mendalam), teknik analisi data, dan penulisan laporan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui kedatangan orang Tioghoa sekitar tahun 1407 di muara sungai Cisadane. Setelah bertahun-tahun menetap di Tangerang masyarakat Tionghoa sudah dapat berbaur dengan masyarakat pribumi yang akhirnya terjadinya pernikahan. Dari sini lah ada beberapa percampuran budaya antara masyarakat pribumi dan masyarakat Tionghoa yang ada pada tradisi perkawinan Cio Tao, misalnya pada pakaian yang dikenakan pada proses pelaksanaan tradisi Cio Tao. Selain itu, juga terdapat beberapa tradisi masyarakat pribumi yang menghiasi proses pelaksanaan tradisi Cio Tao, contohnya tradisi sawer, dan orkes gambang kromong yang memeriahkan acara perkawinan tersebut. Karena percampuran budaya itulah terdapat banyak nilai-nilai seperti nilai spiritual, nilai kekeluargaan, dan nilai kebudayaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Tradisi Perkawinan, Cio Tao, Cina Benteng
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Des 2023 06:37
Perubahan Terakhir: 05 Des 2023 06:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13881

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.