Mencari Kebahagian dan Kesenangan dengan Permainan dan Traveling Perspektif Al-Qur'an (Studi Tafsir Munir Karya Wahbah Zuhaili)

Kholilurrohman, Muhammad (2023) Mencari Kebahagian dan Kesenangan dengan Permainan dan Traveling Perspektif Al-Qur'an (Studi Tafsir Munir Karya Wahbah Zuhaili). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_171320113_Cover.pdf

Download (243kB)
[img] Teks
S_IAT_171320113_Lampiran Depan.pdf

Download (770kB)
[img] Teks
S_IAT_171320113_BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Teks
S_IAT_171320113_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (200kB)
[img] Teks
S_IAT_171320113_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (701kB)
[img] Teks
S_IAT_171320113_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (239kB)
[img] Teks
S_IAT_171320113_BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Teks
S_IAT_171320113_Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstrak

Kesenangan dan kebahagiaan adalah dua hal yang selalu manusia inginkan di dunia ini. Melakukan permainan dan bepergian (traveling) termasuk hal yang banyak dilakukan manusia untuk mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan. Kendatipun dua hal itu tidak selalu menghasilkan rasa senang atau bahagia setelah melakukannya. Permasalahan tersebut membutuhkan jawaban dari al-Qur’an dan penafsiran-penafsiran dari ulama agar mendapatkan pemahaman yang sesuai dengan tuntunan agama. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah kesenangan, kebahagiaan, permainan dan traveling menurut Wahbah Zuhaili dalam Tafsir Munir? 2) Bagaimana pandangan Wahbah Zuhaili dalam Tafsir Munir tentang mencari kesenangan dan kebahagiaan dengan permainan dan traveling? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kajian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengertian kesenangan, kebahagiaan, permainan dan traveling menurut Wahbah Zuhaili dalam Tafsir Munir. 2) Untuk mengetahui pandangan Wahbah Zuhaili dalam Tafsir Munir tentang mencari kesenangan dan kebahagiaan dengan permainan dan traveling. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian pustaka (Library Research), ialah kegiatan mengumpulkan informasi dan data dengan meneliti buku-buku kepustakaan serta karya-karya ilmiah dalam bentuk lainnya. Dan menggunakan sumber primer dalam penelitian ini adalah Tafsir Munir. kesenangan dan kebahagiaan adalah hal yang berbeda secara pengertian dan cara mendapatkannya. Bahagia adalah hati yang tenang dan puas. Sedang senang itu letaknya pada kenikmatan jasmani. Misalnya, bermaian itu senang. Travel keliling dunia itu senang. Makan enak itu senang. Tidur di kasur empuk itu senang. Naik mobil mewah yang nyaman itu senang. Tapi sholat khusyu’ itu bahagia. Shaum itu bahagia. Membantu orang lain itu bahagia. Jadi bahagia adalah bahasa hati yang seringkali tidak ada hubungannya dengan kenikmatan jasmani.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Al-Qur’an, Sa’idun, Farih, La’ibun, Rihlah, Safar, Siru
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat-surat tertentu > 2x1.46 ayat-ayat mengenai kemasyarakatan Islam
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Des 2023 08:45
Perubahan Terakhir: 04 Des 2023 08:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13873

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.