Etektivitas Penggunaan Media Film Animasi Omar dan Hana dalam Menyampaikan Pesan Dakwah (Analisis Pemahaman Anak)

Sari, Gupmia (2023) Etektivitas Penggunaan Media Film Animasi Omar dan Hana dalam Menyampaikan Pesan Dakwah (Analisis Pemahaman Anak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510031_Cover.pdf

Download (111kB)
[img] Teks
S_KPI_191510031_Lampiran Depan.pdf

Download (453kB)
[img] Teks
S_KPI_191510031_BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Teks
S_KPI_191510031_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (281kB)
[img] Teks
S_KPI_191510031_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (186kB)
[img] Teks
S_KPI_191510031_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (617kB)
[img] Teks
S_KPI_191510031_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_KPI_191510031_Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB)

Abstrak

Film bisa disebut juga dengan audio visual biasanya menyajikan cerita atau kisah tertentu, Tidak hanya untuk menghibur masyarakat tetapi dalam film juga terdapat pesan-pesan yang di sampaikan kepada khalayak umum, tapi pesan tersebut bisa berdampak positif dan juga negatif. Film animasi termasuk salah satu media audio visual untuk menyampaikan suatu pesan positif, pesan-pesan yang mendidik seperti pesan dakwah. Salah satu film animasi yang didalamnya terdapat pesan dakwah, adalah film animasi Omar dan Hana. Hadirnya serial animasi Omar dan Hana merupakan jawaban dari kekhawatiran orang tua mengenai tontonan anak di era digital saat ini. Karena, selain sebagai hiburan, film animasi ini juga memberikan nasihat dan juga motifasi Sehingga film animasi tidak hanya sebagai hiburan namun juga bisa untuk menambah wawasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1). Bagaimana Bentuk-bentuk strategi penyampaian pesan dakwah dalam Film Animasi Omar Dan Hana? 2). Bagaimana pemahaman anak-anak terhadap pesan dakwah yang disampaikan oleh Film Animasi Omar Dan Hana?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bentuk strategi dakwah, dan bagaimana pemahaman anak-anak terhadap pesan dakwah yang disampaikan oleh film animasi Omar dan Hana. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi penyampaian dakwah pada film Omar dan Hana terlihat pada dialog film Omar dan Hana, Lagu anak-anak, dan kutipan ayat al-Qur'an. Kedua, efektivitas penggunaan media film animasi Omar dan Hana dapat dilihat dari visualisasi animasi yang ditayangkan dan tingkat pemahaman kognitif anak. Dari data yang diperoleh, film animasi Omar dan Hana efektif untuk menyampaikan pesan dakwah pada anak usia 8 sampai 12 tahun, kerena mereka sudah masuk kedalam pemahaman kognitif tingkat pertama dan kedua, dan sudah termasuk kedalam tahapan (Decoding), yakni pemaknaan posisi pertama dan pemaknaan posisi kedua, dalam teori Resepsi Struat Hall.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Efektivitas, Media Film, Pesan Dakwah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Nov 2023 06:53
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 03:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13837

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.