Pengelolaan Wakaf Produktif Berbasis Bisnis dalam Mewujudkan Kemandirian dan Pengembangan Pondok Pesantren (Studi Analisis SWOT di Pondok Pesantren Darunnajah)

Islami, Azka (2023) Pengelolaan Wakaf Produktif Berbasis Bisnis dalam Mewujudkan Kemandirian dan Pengembangan Pondok Pesantren (Studi Analisis SWOT di Pondok Pesantren Darunnajah). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_ES_202640008_Cover.pdf

Download (107kB)
[img] Teks
T_ES_202640008_Lampiran Depan.pdf

Download (772kB)
[img] Teks
T_ES_202640008_BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Teks
T_ES_202640008_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
T_ES_202640008_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (218kB)
[img] Teks
T_ES_202640008_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (297kB)
[img] Teks
T_ES_202640008_BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Teks
T_ES_202640008_Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstrak

Di tengah permasalahan sosial masyarakat Indonesia dan tuntutan akan kesejahteraan ekonomi pada saat ini, keberadaan lembaga wakaf menjadi sangat penting dan juga strategis. wakaf perlu diberdayakan, karena wakaf merupakan filantrofi Islam (Islamic Philanthrophy) . Dalam sejarah perkembangan Islam, peran wakaf sangat signifikan dalam upaya pembangunan masjid, sekolah, majlis ta’lim, rumah sakit, panti asuhan, pesantren dan lembaga pendidikan, serta lembaga sosial Islam lainnya. Wakaf memiliki dua sisi, sisi pertama berhubugan dengan Allah yaitu ibadah mahdoh, sisi yang lain berkaitan dengan sesama manusia yaitu berupa muamalah. Diantara fungsi wakaf adalah fungsi sosial yaitu wakaf dapat memberikan dampak maslahah yang besar bagi masyarakat secara umum, baik itu muslim maupun non muslim, apabila wakaf tersebut dikelola dengan produktif dan optimal, Pondok Pesantren Darunnajah merupakan bagian dari contoh institusi atau lembaga pendidikan yang telah beroperasi dengan memberdayakan wakaf berbasis bisnis yang dikelola secara produktif, dan dinamis, menyesuaikan pergerakan juga situasi serta kondisi kelangsungan peradaban manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan wakaf produktif berbasis bisnis dalam mewujudkan kemandirian dan pengembangan Pondok Pesantren Darunnajah melalui studi analisis SWOT. Metode gabungan digunakan dalam penelitian ini, dengan analisis SWOT sebagai alat untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat merumuskan strategi lembaga. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan kuesioner yang diberikan kepada pihak terkait di Pondok Pesantren Darunnajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan wakaf produktif berbasis bisnis di Pondok Pesantren Darunnajah memiliki potensi yang kuat dan peluang yang baik. Penerapan wakaf produktif ini berada pada kuadran pertumbuhan (growth oriented strategy), yang memungkinkan penggunaan kekuatan yang dimiliki untuk merebut berbagai peluang pengembangan di masa depan. Dalam konteks ini, wakaf produktif menjadi alat yang efektif dalam mewujudkan kemandirian dan pengembangan pondok pesantren.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.25 Pemberian > 2x4.252 Wakaf
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Nov 2023 04:07
Perubahan Terakhir: 30 Nov 2023 04:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13834

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.