Manajemen Kepramukaan dan Manajemen Emotional Quotient Dalam Membangun Karakter Pendidikan Santri (Studi di Pondok Pesantren Nur El Falah Petir dan Pondok Pesantren Attaufiqiyyah Baros)

Junaedi, Junaedi (2023) Manajemen Kepramukaan dan Manajemen Emotional Quotient Dalam Membangun Karakter Pendidikan Santri (Studi di Pondok Pesantren Nur El Falah Petir dan Pondok Pesantren Attaufiqiyyah Baros). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_212625010_Cover.pdf

Download (55kB)
[img] Teks
T_MPI_212625010_Lampiran Depan.pdf

Download (485kB)
[img] Teks
T_MPI_212625010_BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Teks
T_MPI_212625010_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (521kB)
[img] Teks
T_MPI_212625010_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (204kB)
[img] Teks
T_MPI_212625010_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (586kB)
[img] Teks
T_MPI_212625010_BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Teks
T_MPI_212625010_Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan Untuk dapat mengetahui manajemen pendidikan kepramukaan dan Emotional Quotient dalam membangun karakter pendidikan santri di Pondok Pesantren Nur El Falah Petir dan Pondok Pesantren Attaufiqiyyah Baros. Salah satu upaya dalam membentuk karakter santri adalah melalui kegiatan kepramukaan dan menerapkan kecerdasan emosional (Emotional Quotient). Namun, kegiatan kepramukaan yang dilakukan beberapa lembaga pendidikan termasuk di Pondok Pesantren Nur El Falah Petir dan Pondok Pesantren Attaufiqiyyah Baros masih terkendala dengan beberapa hal, diantaranya kurangnya minat santri, belum tersedianya tenaga pembina kepramukaan yang memenuhi standar, anggaran kegiatan yang kurang dan penerapan kecerdasan emosional yang belum maksimal. Untuk itu, pada penelitian ini, penulis meneliti tentang Manajemen Pendidikan Kepramukaan dan Manajemen Emotional Quotient Dalam Membangun Karakter Pendidikan Santri di Pondok Pesantren Nur El Falah Petir dan Pondok Pesantren Attaufiqiyyah Baros. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, observasi, studi dokumen, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, manajemen pendidikan kepramukaan dalam pengembangan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Nur El Falah Petir mencakup beberapa fungsi yakni; perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Kedua, hasil analisis karakter yang ditanamkan adalah panca jiwa, panca bina, dan panca dharma. Ketiga, implementasi nilai yang dihasilkan adalah sikap santri yang menunjukkan karakter mandiri, berani, tanggung jawab, percaya diri, disiplin, dan mampu bekerjasama. Keempat, kendala yang ditemui dalam kepramukaan adalah; kurangnya minat santri, pembina yang belum memenuhi standar, dan terbatasnya anggaran. Dalam menanamkan emosional quotiret Pondok Pesantren Nur El Falah menerapkan aqidah fiqih, ibadah amaliah, bahasa internasional, kaidah nahwu dan sorof. Manajemen pendidikan kepramukaan di Pondok Pesantren Attaufiqiyyah Baros bahwa; Pertama menerapkan pola manajemen POAC (planning, organizing, actuating dan controlling). Kedua, hasil analisis karakter yang ditanamkan adalah cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, kemnadirian dan tanggung jawab, kejujuran, hormat dan santun,dermawan dan suka menolong. Ketiga, Implementasi nilai yang dihasilkan adalah sikap santri yang menunjukan karakter disiplin dan kepedulian . keempat, kendala yang ditemui dalam kepramukaan adalah; kurangnya minat santri, informasi kegiatan belum maksimal dan terbatasnya anggaran.Pondok Pesantren Attaufiqiyyah dalam menanamkan Emotional Quotient menerapkah program tahfizh Qur‟an.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Manajemen, Kepramukaan, Emotional Quotient, Santri
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Nov 2023 03:30
Perubahan Terakhir: 30 Nov 2023 03:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13832

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.