Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kisah Nabi Yusuf As dan Implikasinya pada Pendidikan Akhlak di Sekolah

Hasanah, Elis Nur (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kisah Nabi Yusuf As dan Implikasinya pada Pendidikan Akhlak di Sekolah. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_172011044_Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Teks
T_PAI_172011044_Lampiran Depan.pdf

Download (489kB)
[img] Teks
T_PAI_172011044_BAB I.pdf

Download (712kB)
[img] Teks
T_PAI_172011044_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (855kB)
[img] Teks
T_PAI_172011044_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (773kB)
[img] Teks
T_PAI_172011044_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (589kB)
[img] Teks
T_PAI_172011044_BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Teks
T_PAI_172011044_Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi keprihatinan penulis terhadap realitas akhlak anak-anak bangsa khususnya anak-anak sekolah, dan masyarakat pada umumnya dimana berlangsung degradasi moral meskipun berbagai upaya perbaikan dilakukan para pendidik, orangtua, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemerintah.Kisah Yusuf As merupakan ahsanul qisas sebaik baik kisah yang didalamnya menghadirkan nilai-nilai pendidikan, dalam kisah Nabi Yusuf As ini menjadi pertanyaan tentang bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak menurut Al-quran dan ahli tafsir?Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak menurut hadits?Dan bagaimana implikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah Nabi Yusuf As pada pendidikan akhlak di sekolah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kisah Nabi Yusuf As baik dalam Alquran, tafsir maupun hadits, dan mengetahui bagaimana implikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah Nabi Yusuf As pada pendidikan akhlak di sekolah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran tentang pendidikan akhlak yakni beberapa faktor yang mempengaruhi pendidikan akhlak yaitu : faktor individu, keluarga, dan faktor lingkungan. Dan juga penjelasan tatang kisah Nabi Yusuf As sebagai ahsanul qishah dan di dalamnya terdapat kisah terbaik Yusuf As yakni saat Yusuf di dalam sumur, saat Yusuf digoda oleh Zulaikha, saat Yusuf menjabat sebagai bendaharawan dan lainya. Oleh karena itu nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah Nabi Yusuf As menjadi suatu yang penting dipahami dan implikaasinya pada pendidikan akhlak di sekolah. Metode yag dilakukan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research) terhadap naskah tulisan dalam buku yang terkait dengan pendidikan akhlak, dan kisah Nabi Yusuf As serta implikasinya pada pendidikan akhlak di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah Nabi Yusuf As diantaranya: mencangkup 1) Akhlak kepada Allah yaitu : sikap sabar, beriman, menjaga diri, dan syukur. 2) Akhlak kepada sesame manusia : Berbakti kepada orangtua, pemaaf, tanggung jawab, dermawan, amanah, dan jujur. 3) Akhlak terhadap alam semesta: mencintai lingkungan.yang mana nilai-nilai tersebut dapat dijadikan motivasi bagi pendidikan akhlak dalam membangun pribadi yang berakhlak mulia, dan dijadikannya kisah bukan hanya sekedar kisah tapi suatu ibroh yang dapat diambil hikmahnya dan suatu bentuk strategi pembelajaran di sekolah dimana di dalamnya tak sekedar kisah tapi ada beberapa metode salah satunya metode dakwah melalui kisah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Nov 2023 07:34
Perubahan Terakhir: 29 Nov 2023 07:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13829

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.