Pengaruh Profesionalisme dan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Mutu Pembelajaran (Studi Kasus Pada Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Cipocok Jaya dan Kecamatan Serang)

Lisdiawati, Lilis (2023) Pengaruh Profesionalisme dan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Mutu Pembelajaran (Studi Kasus Pada Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Cipocok Jaya dan Kecamatan Serang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_212625032_Cover.pdf

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_212625032_Lampiran Depan.pdf

Download (863kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_212625032_BAB I.pdf

Download (528kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_212625032_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (664kB)
[img] Teks
T_MPI_212625032_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (653kB)
[img] Teks
T_MPI_212625032_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (894kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_212625032_BAB V.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_212625032_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Guru Pendidikan Agama Islam harus memiliki profesionalisme yang tinggi dan kinerja yang baik, agar mutu pembelajaran dapat dicapai sesuai dengan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Cipocok Jaya dan Kecamatan Serang terhadap mutu pembelajaran, untuk mengetahui pengaruh kinerja guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Cipocok Jaya dan Kecamatan Serang terhadap mutu pembelajaran dan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme dan kinerja guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Cipocok Jaya dan Kecamatan Serang terhadap mutu pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis Smart PLS (Partial Least Square). Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan angket. Wawancara dilaksanakan untuk menggali informasi tentang keadaan guru, dokumentasi dihimpun untuk memperkuat data dan penelitian serta angket di sebarkan untuk menganalisis kuesioner yang di sebarkan kepada para guru, angket di sebarkan secara online melalui aplikasi geogle form ke grup whatsapp Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam se Kecamatan Cipocok Jaya dan Kecamatan Serang. Dari jumlah populasi sebanyak 164 guru Pendidikan Agama Islam, terhimpun sebanyak 96 sampel guru Pendidikan Agama Islam yang merespon angket yang telah disebarkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam terhadap mutu pembelajaran, diperoleh nilai p value sebesar 0,002 dengan T statistik sebesar 0,957 dan koefisien jalur positif sebesar 0,29. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja guru Pendidikan Agama Islam terhadap mutu pembelajaran diperoleh nilai p value sebesar 0,003 dengan T statistik sebesar 5,100 dan koefisien jalur positif sebesar 0.466. Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme dan kinerja guru Pendidikan Agama Islam terhadap mutu pembelajaran ditunjukkan oleh nilai F tabel sebesar 3,099 dan F hitung sebesar 25,81, oleh karena F Hitung melebihi F tabel, maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan mutu pembelajaran dipengaruhi oleh profesionalisme yang tinggi dan kinerja yang baik dari guru Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Profesionalisme, Kinerja, Mutu Pembelajaran
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Nov 2023 07:19
Perubahan Terakhir: 29 Nov 2023 07:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13828

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.