Proses Kaderisasi Da’i di Pondok Pesantren Nurul Huda Tangerang

Solehah, Siti (2023) Proses Kaderisasi Da’i di Pondok Pesantren Nurul Huda Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510060_Cover.pdf

Download (382kB)
[img] Teks
S_KPI_191510060_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510060_BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Teks
S_KPI_191510060_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (614kB)
[img] Teks
S_KPI_191510060_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (419kB)
[img] Teks
S_KPI_191510060_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510060_BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Teks
S_KPI_191510060_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Mengembangkan dakwah pesantren merupakan salah satu lembaga yang mempunyai peran dalam mengembangkan aktivitas dakwah. Dari pesantren inilah lahir para juru dakwah, ustad, kiyaidan tokoh-tokoh masyarakat lainnya. Pendidikan kaderisasi da’i sampai saat ini masih menjadi sebuah keniscayaan. Hal ini sebagai tuntutan rasional untuk mengatasi masalah pendidikan dan dakwah ditengah masyarakat. Dengan pendidikan kaderisasi da’i maka capaian kompetensi da’i dan pendidikan umat melalui gerakan dakwah dapat diwujudkan. Pondok pesantren selalu menempa dan mencetak kader-kader da’i yang siap untuk terjun langsung ditengah-tengah masyrakat. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pelaksanaan kaderisasi da’i dipondok pesantren Nurul Huda Tangerang? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat proses kaderisasi da’i dipondok pesantren Nurul Huda Tangerang? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kaderisasi da’i dipondok pesantren Nurul Huda Tangerang. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses kaderisasi da’i dipondok pesantren Nurul Huda Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu dengan melakukan penelitian langsung kelapangan untuk mencari dan mengumpulkan data yang diperlukan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Dalam proses kaderisasi da’i dipondok pesantren Nurul Huda ini, memiliki peran yang sangat penting guna untuk menciptakan kader-kader da’i yang baik dan berakhlakul karimah. Dalam membentuk kaderisasi da’i dipondok pesantren Nurul Huda ini dengan cara mendidik dan mengajarkan para santrinya setiap hari. Adapun bentuk-bentuk kaderisasi di pondok pesantren Nurul Huda adalah Muhadarrah,Tilawatil qur’an, Muhafadoh Kubro, Praktek Kultum, Bahasa, Minat bakat, Perlombaan Milad Pondok/Sekolah. 2) Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan proses kaderisasi da’i di pondok pesantren Nurul Huda ini terdiri dari tiga faktor yaitu: 1). Tempat, sarana dan prasarana yang memadai, 2). Adanya hukuman bagi santri yang melanggar peraturan pondok, 3). Adanya motivasi dan apresiasi. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan proses kaderisasi da’i di pondok pesantren Nurul Huda terdiri dari dua faktor yaitu: 1). Hambatan mengkondisikan santri dalam mengikuti kegiatan, 2). Hambatan dalam segi waktu pelaksanaan kegiatan. Demi terwujudnya santri yang mampu menguasai ilmu agama dan umum, serta bisa bermanfaat ketika terjun kemasyarakat. Pondok pesantren Nurul Huda mengadakan kegiatan yang mampu mendorong santri dan mengembangkan potensinya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pesantren, Kaderisasi, Da’i
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 27 Nov 2023 03:03
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 03:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13788

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.