Penggunaan Media Film Animasi dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak pada Anak (Studi Kasus Animasi IBRA)

Maulida, Raihana (2023) Penggunaan Media Film Animasi dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak pada Anak (Studi Kasus Animasi IBRA). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510034_Cover.pdf

Download (127kB)
[img] Teks
S_KPI_191510034_Lampiran Depan.pdf

Download (417kB)
[img] Teks
S_KPI_191510034_BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Teks
S_KPI_191510034_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (346kB)
[img] Teks
S_KPI_191510034_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (230kB)
[img] Teks
S_KPI_191510034_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (548kB)
[img] Teks
S_KPI_191510034_BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Teks
S_KPI_191510034_Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB)

Abstrak

Film merupakan salah satu bentuk dari media pembelajaran dalam menenamkan nilai-nilai akhlak dan merupakan salah satu bentuk perwujudan yang bersifat teknis dari metode cerita yang memuat tentang kisah-kisah menarik, ringan, menghibur dan juga mendidik. Salah satunya film animasi, film animasi mampu menarik dan memikat perhatian para pemirsanya tanpa memakan waktu lama. Melalui film atau tayangan televisi maupun YouTube pesan akan dengan mudah disampaikan dengan cara-cara yang menyenangkan karena pada hakikatnya anak-anak menyukai hal-hal yang ramai dan berwarna. Hadirnya serial animasi Ibra, merupakan jawaban bagi orang tua Indonesia yang khawatir dengan tonton anak di era digital saat ini. Karena, serial yang satu ini menyuguhkan banyak cerita-cerita makna kehidupan dari kisah perjalanan Rasulullah Shallahu 'Alahi Wassalam, atau Sirah Nabawiyah. Dengan hadirnya film animasi Ibra ini, berharap bisa membawa warna baru bagi industri animasi muslim Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa saja nilai-nilai akhlak yang terdapat dalam film animasi Ibra? 2) Bagaimana metode yang diterapkan pada penanaman nilai akhlak dalam film animasi Ibra? Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengetahui nilai-nilai akhlak dalam film animasi Ibra dan Untuk mengetahui metode yang diterapkan pada penanaman nilai akhlak dalam film animasi Ibra. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan Analisis isi (Content Analysis) sebagai suatu teknik penelitian untuk membuat proses pengambilan kesimpulan atau generalisasi yang lebih luas berdasarkan analisis data yang terkumpul yang dapat ditiru (replicable) dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan April Juni 2023 dengan tahap pemilihan episode dalam film animasi Ibra yang akan menjadi objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan peniliti dapat di simpulkan 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi Ibra mengandung nilai nilai penananaman akhlak yaitu: akhlak kepada Allah Swt, akhlak terhadap Rasulullah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap keluarga, dan akhlak bermasyarakat. 2) Metode yang digunakan dalam menanamkan akhlak adalah metode akhlak berisi metode keteladanan, metode pembiasaan, metode Perhatian atau Pengawasan, metode hukuman, metode bercerita dan metode bernyanyi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Nilai-nilai, Akhlak, Metode Penanaman Akhlak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 27 Nov 2023 02:28
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13786

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.