Strategi Komunikasi Aparatur Desa Tirtayasa dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan

Fiqri, Abroh Nurul (2023) Strategi Komunikasi Aparatur Desa Tirtayasa dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_181510040_Cover.pdf

Download (119kB)
[img] Teks
S_KPI_181510040_Lampiran Depan.pdf

Download (814kB)
[img] Teks
S_KPI_181510040_BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Teks
S_KPI_181510040_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (473kB)
[img] Teks
S_KPI_181510040_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (224kB)
[img] Teks
S_KPI_181510040_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (391kB)
[img] Teks
S_KPI_181510040_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_KPI_181510040_Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB)

Abstrak

Salah satu permasalahan lingkungan yang sering di hadapi oleh masyarakat adalah masalah sampah. Pertumbuhan penduduk, kemajuan teknologi, peningkatan kebutuhan manusia serta bertambahnya jumlah jenis sampah merupakan penyebab meningkatnya timbulan sampah di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sampah sudah menjadi persoalan yang serius, karena telah menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan Dari latar belakang di atas maka, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana strategi komunikasi aparatur Desa Tirtayasa dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap lingkungan? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat aparatur Desa Tirtayasa dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap lingkungan? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi aparatur Desa Tirtayasa dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap lingkungan 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat aparatur Desa Tirtayasa dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tirtayasa, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Agustus tahun 2023. Hasil dari penelitian ini adalah aparatur Desa Tirtayasa dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap lingkungan menggunakan proses teori komunikasi Harold Laswell. Aparatur Desa menentukan siapa komunikatornya (Who) pesan yang disampaikan (Says What) kemudian media yang digunakan (In Which Channel), masyarakat Desa Tirtayasa sebagai komunikannya (To Whom) dan pengaruh yang diaharapkan (With What effect). Faktor yang mendukung yaitu adanya proses penyampaian pesan, program-program serta fasilitas untuk pengelolaan sampah sebagai medianya. pengaruh masyarakat dalam menerima pesan Faktor yang menghambat yaitu kondisi ekonomi masyarakat, keterbatasan anggaran Desa Tirtayasa, kebiasaan buruk masyarakat dalam membuang sampah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Komunikasi, Aparatur Desa Tirtayasa, Kepedulian Masyarakat, Lingkungan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Nov 2023 09:13
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13783

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.