Pengembangan Seni Qosidah sebagai Media Dakwah (Studi Terhadap Lembaga Seni Qosidah Kota Cilegon)

Rohmawati, Titi (2023) Pengembangan Seni Qosidah sebagai Media Dakwah (Studi Terhadap Lembaga Seni Qosidah Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_161330059_Cover.pdf

Download (107kB)
[img] Teks
S_KPI_161330059_Lampiran Depan.pdf

Download (411kB)
[img] Teks
S_KPI_161330059_BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Teks
S_KPI_161330059_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (398kB)
[img] Teks
S_KPI_161330059_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (260kB)
[img] Teks
S_KPI_161330059_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (369kB)
[img] Teks
S_KPI_161330059_BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Teks
S_KPI_161330059_Daftar Pustaka.pdf

Download (895kB)

Abstrak

Dalam situasi yang global ini manusia dituntut untuk mampu mengatasi berbagai ancaman yang ada khususnya dalam hal kesenian karna semakin lama kesenian tradisional saat ini hampir terkikis lantaran banyaknya gendre-gendre kesenian yang lebih modern dan lebih trend di masyarakat. terkhusus kesenian qosidah yang keberadaannya sudah ada pada saat zaman Nabi Muhammad SAW, oleh karena itu LASQI Kota Cilegon dalam kinerjanya adalah untuk melestarikan seni qosidah agar mampu bersaing dalam situasi zaman yang saat ini. Berdasarkan uraian diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apa saja kegiatan LASQI Cilegon dalam mengembangkan seni qosidah sebagai media dakwah? 2) bagaimana bentuk bimbingan yang dilakukan oleh LASQI Cilegon dalam mengembangkan seni qosidah sebagai media dakwah? 3) apa faktor pendukung dan penghambat kegiatan LASQI Cilegon dalam pengembangan seni qosidah sebagai media dakwah?metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi . Berdasarkan penelitian yang peneliti peroleh dapat disimpulkan bahwa LASQI Kota Cilegon dalam mengembangkan seni qosidah sebagai media dakwah yaitu dengan melakukan beberapa kegiatan dalam bentuk penampilan-penampilan dan festival, yang ditampilkan dalam acara peringatan hari besar Islam dan hari besar Nasional. dan syiar dakwahnya melalui syair yang berisi ajakan seperti dalam lagu busana muslimah, dalam mengembangkan seni qosidah sebagai media dakwah, untuk itu LASQI Kota Cilegon membimbing mulai dari instrumen musik, pembagian suara, tata gerak, dan juga memberikan informasi job. faktor pendukung dalam kegiatan LASQI Cilegon yaitu adanya dukungan dari ibu-ibu majlis ta’lim dan pemuda yang ingin mempertahankan seni qosidah, serta tempat yang sudah tersedia walaupun bersifat sementara dan adanya suport pemerintah. sedangkan faktor penghambatnya yaitu perihal dana khusus yang belum diberikan oleh pemerintah daerah yang dikelola oleh LASQI Cilegon, faktor ekonomi anggota group qosidah LASQI Kota Cilegon dan sekretariat yang masih bersifat sementara.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Nov 2023 08:38
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 03:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13782

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.