Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peran Underwriting Dalam Menyeleksi Resiko Pada Asuransi Takaful (Studi Pada PT. Takaful Keluarga Cabang Serang City)

Hanif, Annisa (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peran Underwriting Dalam Menyeleksi Resiko Pada Asuransi Takaful (Studi Pada PT. Takaful Keluarga Cabang Serang City). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_191430037_Cover.pdf

Download (292kB)
[img] Teks
S_AS_191430037_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_AS_191430037_BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Teks
S_AS_191430037_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (694kB)
[img] Teks
S_AS_191430037_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (318kB)
[img] Teks
S_AS_191430037_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (415kB)
[img] Teks
S_AS_191430037_BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_AS_191430037_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Umat muslim saat ini semakin bersemangat untuk merealisasikan syari`at terutama pada sistem ekonomi salah satunya adalah asuransi syariah. Pada asuransi syariah terdapat proses underwriting untuk menyeleksi kemudian di kelompokan sesuai resiko yang dimiliki, agar kontribusi yang dibayarkan sepadan dengan resiko yang dimiliki peserta. Oleh karena itu peran underwriting sangat berpengaruh bagi perusahaan untuk memastikan kecukupan rate premi dan keadilan.sehingga tidak menyebabkan beban klaim lebih besar dari kontribusi yang diberikan oleh tertanggung. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Peranan Underwriting Dalam Melindungi Perusahaan Terhadap Seleksi Yang Merugikan pada PT. Takaful Keluarga Cabang Serang ?, 2) Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Underwriting Dalam Menyeleksi Resiko Pada Asuransi Takaful Keluarga Cabang Serang ?, 3) Bagaimana proses underwriting pada PT. Takaful Keluarga Cabang Serang? Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui tujuan dan tugas peran Underwriter pada asuransi jiwa syariah kususnya pada perusahaan Asuransi Takaful Keluarga Cabang Serang , 2) Untuk mengetahui faktor – factor yang mempengaruhi Underwriting dalam menyeleksi resiko dan mengelompokan resiko calon tertanggung., 3) Mengetahui proses seleksi resiko pada PT. Takaful Keluarga Cabang Serang. Jenis peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data sekunder dan primer berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan artikel. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi peran underwriting pada PT. Takaful Keluarga dalam menyeleksi suatu resiko untuk menentukan kontribusi yaitu faktor usia, jangka waktu pembiayaan dan jumlah pembiayaan. Ada beberapa resiko yang tertolak yaitu diabetes, melahirkan, dan lain-lain tetapi pengajuan polis tertolak bukan berarti akan tertolak selamanya, bisa mengajukan kembali dengan jangka waktu yang di tentukan dengan syarat membawa rekap medis terbaru.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Underwriting, Asuransi Takaful
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2023 06:40
Perubahan Terakhir: 21 Nov 2023 06:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13753

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.