Salsabila, Salma (2023) Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pejaten 1 Kramatwaru. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240059_Cover.pdf Download (125kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240059_Lampiran Depan.pdf Download (817kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240059_BAB I.pdf Download (113kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240059_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (337kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240059_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (578kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240059_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (762kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240059_BAB V.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240059_Daftar Pustaka.pdf Download (212kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan dan untuk mengetahui keefektifan media komik di SDN Pejaten 1 Kota Serang. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dari model pengembangan S. Thiagarajana. Yang memiliki 4 tahapan pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Media yang dikembangan di validasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum melakukan uji coba lapangan awal terhadap peserta didik. Adapun data yang dikumpulkan menggunakan angket ahli materi, angket ahli media, angket guru kelas V, angket peserta didik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknis analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 36 dengan presentase 72% dengan kriteria “baik”, validasi ahli media mendapatkan skor 49 dengan presentase 98% dengan kriteria “ sangat baik” dan validasi guru kelas V mendapatkan skor 44 dengan presentase 88% dengan kriteria “Sangat Baik”. Adapun hasil uji coba lapangan awal mendapatkan jumlah dengan presentase 90%-100% dengan kriteria “Sangat Baik”. Secara keseluruhan media pembelajaran Media komik sudah layak digunakan untuk memudah belajar pembelajaran IPA materi peredaran darah pada peserta didik yang mengalami kesulitan berdasarkan pengamatan secara langsung Media Komik ini memudahkan peserta didik untuk belajar. Berdasarkan hasil pre-test sebelum menggunakan media gambar memperoleh nilai rata-rata 47,5% kemudian setelah melaksanakan post-test menggunakan media gambar memperoleh nilai rata-rata 90% maka media pembelajaran ”Media Komik” sudah efektif digunakan untuk siswa dalam meningkatkan hasil belajar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Media Komik, Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 20 Nov 2023 06:57 |
Perubahan Terakhir: | 20 Nov 2023 06:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13743 |
Actions (login required)
Lihat Item |