Implementasi Perjanjian Kerja Sama Bisnis antara Pemilik Lahan dengan Pengrajin Batu Bata Merah dalam Pandangan Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Sukajaya, Kec. Curug, Kota Serang)

Masruroh, Heni (2023) Implementasi Perjanjian Kerja Sama Bisnis antara Pemilik Lahan dengan Pengrajin Batu Bata Merah dalam Pandangan Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Sukajaya, Kec. Curug, Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130218_Cover.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_HES_191130218_Lampiran Depan.pdf

Download (529kB)
[img] Teks
S_HES_191130218_BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Teks
S_HES_191130218_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (547kB)
[img] Teks
S_HES_191130218_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (226kB)
[img] Teks
S_HES_191130218_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (532kB)
[img] Teks
S_HES_191130218_BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Teks
S_HES_191130218_Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB)

Abstrak

Kerja sama bisnis pembuatan batu bata merah antara pemilik lahan dengan pengrajin batu bata merah merupakan salah satu kerja sama yang banyak dilakukan dikalangan masyarakat termasuk di Desa Sukajaya, Masyarakat Desa Sukajaya Mayoritas beragama Islam, maka dari itu, segala bentuk kerja sama yang dilakukan harus sesuai dengan hukum Islam agar menimbulkan kemaslahatan bagi para pihak dan terhindar dari segala bentuk kecurangan yang menimbulkan kerugian bagi salah satu pihak. Berdasarkan latar belakang di atas, perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana Praktik Kerja Sama Bisnis antara Pemilik Lahan dengan Pengrajin Batu Bata Merah di Desa Sukajaya Kecamatan Curug Kota Serang? 2). Bagaimana Implementasi Perjanjian Kerja Sama yang Dilakukan antara Pemilik Lahan dengan Pengrajin Batu Bata Merah dalam Pandangan Hukum Ekonomi Syariah di Desa Sukajaya Kecamatan Curug Kota Serang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Praktik Kerja Sama Bisnis antara Pemilik Lahan dengan Pengrajin Batu Bata Merah dan Implementasi Perjanjian Kerja Sama yang Dilakukan antara Pemilik Lahan dengan Pengrajin Batu Bata Merah dalam Pandangan Hukum Ekonomi Syariah di Desa Sukajaya Kecamatan Curug Kota Serang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan konseptual yang merupakan pendekatan untuk menganalisis dan menguraikan masalah dalam penelitian yang muncul karena terdapat norma kosong. Sumber yang digunakan yaitu sumber hukum primer dan sumber hukum sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan pemilihan, analisis data dan penyederhanaan dengan mengambil data sesuai kebutuhan dan fokus penelitian. Lalu menyajikannya dalam bentuk narasi untuk selanjutnya ditarik kesimpulan akhir yang bersifat khusus dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam rumusan masalah. Setelah dilakukan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa: 1). Kedua belah pihak sama-sama rela atau ridho dalam menjalankan kerja sama dan dalam kontribusi keduanya sama-sama mematuhi atau tidak melakukan wanprestasi dan melakukan apa yang telah disepakati oleh keduanya sehingga bisa dikatakan perjanjian tersebut merupakan perjanjian yang sah. 2). Perjanjian kerja sama dalam usaha pembuatan batu bata merah di Desa Sukajaya Kecamatan Curug Kota Serang ini sesuai dengan akad syirkah karena rukun dan syaratnya sudah terpenuhi sebagaimana tertuang dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah serta tidak bertentangan dengan ketentuan Hukum Ekonomi Syariah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Akad Syirkah, Batu Bata Merah, Hukum Ekonomi Syariah
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 17 Nov 2023 02:35
Perubahan Terakhir: 17 Nov 2023 02:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13726

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.