Penggunaan Teknik Self Management pada Kedisiplinan Pengurus Organisasi UKM KSR PMI (Studi di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Abdurahman, Fazri (2023) Penggunaan Teknik Self Management pada Kedisiplinan Pengurus Organisasi UKM KSR PMI (Studi di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_181520146_Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Teks
S_BKI_181520146_Lampiran Depan.pdf

Download (736kB)
[img] Teks
S_BKI_181520146_BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Teks
S_BKI_181520146_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (371kB)
[img] Teks
S_BKI_181520146_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (76kB)
[img] Teks
S_BKI_181520146_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (239kB)
[img] Teks
S_BKI_181520146_BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Teks
S_BKI_181520146_Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstrak

Perilaku disiplin sering ditemukan di berbagai macam kegiatan, baik itu di kampus, lembaga, yayasan, dan organisasi. Tidak sedikit dari setiap individu sering mengalami masalah dalam kedisiplinannya. Organisasi UKM KSR PMI memiliki beberapa 5 pengurus yang mengalami masalah dalam kedisiplinannya. Pengurus organisasi terdiri dari mahasiswa yang aktif kuliah, di samping pengurus menunaikan kewajibannya di bangku kuliah, namun mereka juga menyibukkan diri di organisasi untuk membangun relasi dan memperluas wawasan. Kesibukan yang mereka alami sehingga menyebabkan munculnya masalah kedisiplinan. Berdasarkan penjelasan diatas, maka muncul rumusan masalah penelitian, yaitu: 1) Bagaimana kondisi kedisiplinan pengurus organisasi UKM KSR PMI? 2) Bagaimana penerapan teknik self management pada kedisiplinan pengurus organisasi UKM KSR PMI? 3) Bagaimana hasil penerapan teknik self management pada kedisiplinan pengurus organisasi UKM KSR PMI? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi kedisiplinan pengurus organisasi UKM KSR PMI. 2) Untuk mengetahui penerapan Teknik self management pada kedisiplinan pengurus organisasi UKM KSR PMI. 3) Untuk mengetahui hasil penerapan Teknik self management pada kedisiplinan pengurus organisasi UKM KSR PMI. Penelitian ini bersumber dari pengurus organisasi UKM KSR PMI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Subjek penelitian yaitu 5 pengurus organisasi, yaitu responden berinisial RJ, BM, MF, SY, dan SA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain melakukan penelitian, peneliti juga melakukan konseling melalui teknik Self Management. Penelitian ini dilaksanakan pada Juni 2023 hingga Juli 2023. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, maka memberikan hasil bahwa terdapat pengurus yang mampu mengubah perilakunya menjadi lebih baik atau disiplin. Akan tetapi ada pengurus yang masih merasa kesulitan dalam mengatur waktu. Oleh sebab itu, maka teknik self management dinyatakan berhasil mengubah perilaku pengurus yang tidak disiplin menjadi disiplin sebanyak 3 orang, namun teknik ini juga belum dinyatakan berhasil diterapkan kepada 2 pengurus.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kedisiplinan, Teknik Self Management, Organisasi UKM KSR PMI
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2023 02:39
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 01:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13715

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.