Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling dalam Mengatasi Prilaku Homoseksual pada Dewasa Awal di Puri Krakatau Cilegon

Maulidya, Indah (2023) Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling dalam Mengatasi Prilaku Homoseksual pada Dewasa Awal di Puri Krakatau Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520168_Cover.pdf

Download (296kB)
[img] Teks
S_BKI_191520168_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520168_BAB I.pdf

Download (598kB)
[img] Teks
S_BKI_191520168_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (472kB)
[img] Teks
S_BKI_191520168_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (432kB)
[img] Teks
S_BKI_191520168_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (497kB)
[img] Teks
S_BKI_191520168_BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Teks
S_BKI_191520168_Daftar Pustaka.pdf

Download (987kB)

Abstrak

Homoseksualitas adalah fenomena kompleks yang telah menjadi fokus perhatian dalam berbagai bidang, termasuk ilmu psikologi dan konseling. Konseling Behavioral dengan teknik modeling muncul sebagai pendekatan yang potensial dalam membantu individu mengatasi tantangan terkait perilaku homoseksual. Penelitian ini penting untuk mengevaluasi efektivitas metode ini dan memberikan pandangan lebih dalam tentang dampak positifnya. Rumusan masalah: 1) Bagaimana proses konseling behavior dengan teknik modeling untuk mengurangi perilaku menyimpang dua orang remaja terjerumus homoseksual? 2) Bagaimana hasil konseling behavior dengan teknik modeling untuk mengurangi perilaku menyimpang dua remaja terjerumus homoseksual di komplek Puri Krakatau Cilegon? Tujuan: 1) Untuk Mendeskripsikan proses konseling behavior dengan teknik modeling untuk mengurangi prilaku negatif dua orang remaja terjerumus homoseksual di komplek Puri Krakatau Cilegon. 2) Untuk mengetahui hasil konseling behavior dengan teknik modeling untuk mengurangi perilaku negatif dua orang remaja terjerumus homoseksual di komplek Puri Krakatau Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan dua responden, yakni (IA) dan (MJ), yang memiliki masalah perilaku homoseksual. Penelitian ini dilakukan dalam tiga sesi konseling dengan melibatkan peneliti sebagai konselor yang juga berperan sebagai model peran yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan perilaku yang signifikan pada kedua responden. Perubahan tersebut mencakup pengurangan perilaku homoseksual yang dianggap tidak sehat, peningkatan kesadaran identitas gender, pemahaman yang lebih baik tentang hubungan sejenis, dan perkembangan keterampilan coping yang sehat. Selain itu, responden juga mengalami perubahan dalam pola hubungan mereka dengan orang-orang di sekitar mereka. Proses konseling melibatkan tahap persiapan, identifikasi perilaku model, pemodelan, latihan peran, dan umpan balik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Homoseksual, Konseling Behavioral, Teknik Modeling
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 155 Differential & psikologi perkembangan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2023 03:58
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13704

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.