Bimbingan Kelompok dalam Upaya Mengoptimalkan Kecerdasan Kinestetik Santri Pesantren Modern Daar El Falaah Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang

Sabil, Muhammad Zulfa Aqil (2023) Bimbingan Kelompok dalam Upaya Mengoptimalkan Kecerdasan Kinestetik Santri Pesantren Modern Daar El Falaah Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_171340087_Cover.pdf

Download (13kB)
[img] Teks
S_BKI_171340087_Lampiran Depan.pdf

Download (559kB)
[img] Teks
S_BKI_171340087_BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Teks
S_BKI_171340087_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (270kB)
[img] Teks
S_BKI_171340087_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (144kB)
[img] Teks
S_BKI_171340087_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (191kB)
[img] Teks
S_BKI_171340087_BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Teks
S_BKI_171340087_Daftar Pustaka.pdf

Download (592kB)

Abstrak

Kecerdasan kinestetik santri Pondok Pesantren Modern Daar El Falaah belum maksimal. Dari 9 responden masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Seperti: menggerakkan anggota tubuh, mengatur keseimbangan tubuh, mengatur kelenturan tubuh, menjaga kesehatan tubuh, mengatur kecekatan tubuh dan memiliki kekuatan tubuh. Walaupun terkadang sudah ada dalam diri santri mereka belum bisa meningkatkanya bahkan memaksimalkanya. Pada penelitian ini akan fokus pada layanan bimbingan kelompok untuk mengoptimalkan kecerdasan kinestetik santri di Pondok Pesantren Modern Daar El Falaah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran kondisi kecerdasan kinestetik santri Pesantren Modern Daar El Falaah? 2) Bagaimana proses penerapan layanan Bimbingan Kelompok dapat Mengoptimalkan Kecerdasan Kinesetik Santri? Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran Kecerdasan Kinestetik Santri Pesantren Modern Daar El Falaah, 2) Untuk menerapkan layanan bimbingan kelompok dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Kinestetik Santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kalimat tertulis dan lisan dari perilaku konseli yang diamati. Pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebelum melakukan layanan Bimbingan Kelompok, kesembilan responden memiliki kecerdasan kinestetik yang bias dikatakan rendah disebabkan oleh kurang optimal dalam menggerakan anggota tubuh, mengatur keseimbangan tubuh, mengatur kelenturan tubuh, menjaga kesehatan tubuh dan memiliki kekuatan tubuh. Setelah melaksanakan bimbingan kelompok kecerdasan kinestetik yang dimiliki para responden bias dikatakan mengalami peningkatan. Sebelum melakukan bimbingan kelompok 9 responden belum mengetahui cara bagaimana Mengoptimalkan Kecerdasan Kinestetik dengan baik dan benar. Perubahan sudah mulai terlihat pada saat kegiatan bimbingan kelompok berlangsung.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bimbingan Kelompok, Mengoptimalkan Kecerdasan Kinestetik Santri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2023 03:44
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13703

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.