Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Mahar Kreatif untuk Mengembangkan Perencanaan Karier bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Serang)

Wulandari, Prastika Nada (2023) Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Mahar Kreatif untuk Mengembangkan Perencanaan Karier bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520012_Cover.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_BKI_191520012_Lampiran Depan.pdf

Download (706kB)
[img] Teks
S_BKI_191520012_BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
S_BKI_191520012_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (222kB)
[img] Teks
S_BKI_191520012_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (180kB)
[img] Teks
S_BKI_191520012_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (242kB)
[img] Teks
S_BKI_191520012_BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Teks
S_BKI_191520012_Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)

Abstrak

Masalah yang terjadi pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) wanita di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Serang yaitu kurangnya perencanaan karier yang awalnya tidak memiliki rencana pada kariernya setelah bebas dari Rumah Tahanan (Rutan). Hal ini yang mendasari pentingnya suatu kegiatan pelatihan bagi WBP untuk mengembangkan perencanaan kariernya saat bebas nanti. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pelatihan dan pendampingan mahar kreatif untuk mengembangkan perencanaan karier bagi WBP wanita di Rutan Kelas II B Serang; (2) mengetahui perkembangan perencanaan karier WBP wanita di Rutan Kelas II B Serang setelah pelatihan dan pendampingan mahar kreatif; (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelatihan dan pendampingan mahar kreatif bagi WBP wanita di Rutan Kelas II B Serang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis Participatory Action Research (PAR). Penelitian ini dilakukan kepada 6 responden WBP wanita yang sudah vonis. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan: pertama dari pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan mahar kreatif ini berjalan dengan lancar dan tertib. Kedua perkembangan perencanaan karier pada warga binaan pemasyarakatan terdapat perbedaannya dari sebelum kegiatan pelatihan dan sesudah pelatihan dilakukan, perkembangan yang terlihat seperti WBP wanita yang sebelumnya tidak memiliki perencanaan karier dan setelah kegiatan pelatihan ini WBP wanita memiliki perencanaan karier untuk digunakan setelah bebas dari Rutan Kelas II B Serang. Ketiga faktor pendukung proses kegiatan pelatihan pembuatan mahar kreatif ini yaitu adanya respon positif dan dukungan dari petugas Rutan Kelas II B Serang serta disediakan fasilitas seperti ruangan untuk melakukan pelatihan. Faktor penghambat kegiatan pelatihan pembuatan mahar kreatif ini yaitu waktu yang terbatas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pelatihan dan Pendampingan, Perkembangan Perencanaan Karier, Warga Binaan Pemasyarakatan
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2023 03:36
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13702

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.