Pemahaman Kode Etik Jurnalistik Dikalangan Wartawan (Studi Kasus Media Cetak Pelita Banten)

Sudrajat, Ajat Mas (2015) Pemahaman Kode Etik Jurnalistik Dikalangan Wartawan (Studi Kasus Media Cetak Pelita Banten). Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Caver.pdf

Download (173kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (200kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (312kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (265kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Undang-undang No. 40 tahun 1999 juga menyatakan bahwa pers nasional berfungsi sebagai wahana komunikasi massa, penyebar informasi, dan pembentuk opini harus dapat melaksanakan asas, fungsi, hak, kewajiban, dan peranannya dengan sebaik-baiknya berdasarkan kemerdekaan pers yang profesional. Masyarakat dan perusahaan pers adalah dua sisi yang saling membutuhkan oleh karena itu harus bisa berinteraksi saling menguntungkan. Oleh sebab itu pers memiliki badan Hukum tersendi sebab undang-undang pers dalam kode etik jurnalistik memberi peranan dalam tataran kerja keperefosiolitasan wartawan khususnya di media Pelita Banten ini Berdasarkanlatarbelakangdiatas, makarumusanmasalahdalampenelitianiniadalah:1.) Bagaimana pemahaman pelita Banten dalam memahami kode etik jurnalitik 2) agaimana Pelita Banten Dalam menyikapi Pelanggran kode etik jurnalistik oleh wartawanya ? Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui sebarapa besar tingat pemahaman kode etik jurnalistik khususnya di Pelita Banten ini 2) Untuk mengetahui seberapa besar andil Pelita Banten Dalam Menyikapi pelanggaran kode etik Jurnalistik. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menguraikan, mengembangkan atau melukiskan suatu masalah berdasarkan fakta-fakta yang ada untuk diselidiki, sehingga dapat memperluas gambaran mengenai kasus yang telah diselidiki, sehingga dapat memperluas gambaran mengenai kasus yang sedang diteliti. Maka berdasarkan metode yang sedang dipakai dalam penelitian ini dapat memperluas kesimpulan yang bersifat kualitatif. Sedangkan tehnik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : pemahaman wartawan di Pelita Banten dalam memahami KEJ (Kode Etik Jurnalistik) sangatlah menakjubkan dalam penelitian semua narasumber memahami betul apa yang dimaksud dengan Kode Etik Jurnalistik itu. Pemahaman KEJ seorang wartawan sangatlah beragam, ada yang memahami KEJ sebagai kitab sucinya seorang wartawan, landasan etika dan KEJ sebagai ketentuan atau petunjuk sebagai landasan moral dan etika profesi.Sedangkan untuk menyikapi pelanggran kode etik beraneka ragam ada yang tidak tahu kitab dalam undang-undan KEJ Tersebut dan ada yang tahu tapi di abaikan demi kepuasan materi saja untuk menanggulangi pelanggran tersesebut media pers tersendiri harus mengadakan pelatihan KEJ Tersebut untuk menanggulangi terjadi pelanggran-pelangran kuhusnya di kalangan wartwan media cetak Pelita Banten ini

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Jurnalistik, Media Cetak, Kode Etik Jurnalistik, Wartawan
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 03 Mar 2017 03:04
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2017 02:29
URI: http://repository.iainbanten.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.