Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melalui Pelatihan Keterampilan pada Lembaga Kursus dan Pelatihan Modern (Studi di Kelurahan Taman Baru Kecamatan Taktakan Kota Serang)

Julehah, Julehah (2023) Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melalui Pelatihan Keterampilan pada Lembaga Kursus dan Pelatihan Modern (Studi di Kelurahan Taman Baru Kecamatan Taktakan Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530033_Cover.pdf

Download (222kB)
[img] Teks
S_PMI_191530033_Lampiran Depan.pdf

Download (566kB)
[img] Teks
S_PMI_191530033_BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Teks
S_PMI_191530033_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (364kB)
[img] Teks
S_PMI_191530033_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (376kB)
[img] Teks
S_PMI_191530033_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (369kB)
[img] Teks
S_PMI_191530033_BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Teks
S_PMI_191530033_Daftar Pustaka.pdf

Download (424kB)

Abstrak

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Serang tahun 2022 jumlah remaja putus sekolah (drop out) SMK/SMU/SMA ditambah lulusan SLTP, SLTA di Kecamatan Taktakan, Kota Serang yang tidak melanjutkan pendidikan, lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar 20.907 orang. Dengan kondisi dan permasalahan tersebut, maka harus ada penanggulangan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya tindakan-tindakan negatif yang terjadi pada remaja putus sekolah dengan cara melakukan pemberdayaan terhadap remaja putus sekolah melalui pendidikan non formal. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk program pemberdayaan remaja putus sekolah melalui keterampilan pada LKP Modern di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Taktakan, Kota Serang? 2) Bagaimana tahapan pemberdayaan remaja putus sekolah yang dilakukan oleh LKP Modern di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Taktakan, Kota Serang? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat kegiatan pemberdayaan remaja putus sekolah yang dilakukan oleh LKP Modern di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Taktakan, Kota Serang? Penelitian ini bertujuan menjelaskan: 1) Untuk menjelaskan program pemberdayaan remaja putus sekolah yang dilakukan oleh LKP Modern di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. 2) Untuk menjelaskan tahapan pemberdayaan remaja putus sekolah yang dilakukan oleh LKP Modern di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan pemberdayaan remaja putus sekolah yang dilakukan oleh LKP Modern di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif, untuk menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta yang terjadi di tempat penelitian. Sedangkan, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa LKP Modern memiliki program pemberdayaan tata rias pengantin, tata boga dan kerajinan tangan. Tahapan program dimulai dari tahap persiapan (petugas dan lokasi), assesment, perencanaan program, rencana aksi, pelaksanaan progran, evaluasi, hasil perubahan, dan terminasi. Manfaatnya, yaitu mereka membuka jasa meka up, membuka usaha kue, dan membuka jasa karangan bunga (buket). Faktor pendukungnya yaitu keterlibatan pengurus, dukungan aparatur pemerintah setempat, bantuan dana, dukungan masyarakat setempat. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya tenaga pendamping, sarana dan prasarana, belum maksimalnya penggunaan media sosial.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan, Lembaga Kursus dan Pelatihan, Remaja Putus sekolah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2023 08:40
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 04:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13694

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.