Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Program Life Skill di Sekolah Khusus Fauzan Yayasan Al-Mar'atus Sholihah (Kampung Gedong Desa Bojonegara Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang Banten)

Amaliyah, Friska (2023) Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Program Life Skill di Sekolah Khusus Fauzan Yayasan Al-Mar'atus Sholihah (Kampung Gedong Desa Bojonegara Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_191530022_Cover.pdf

Download (194kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_191530022_Lampiran Depan.pdf

Download (953kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_191530022_BAB I.pdf

Download (388kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_191530022_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (290kB)
[img] Teks
S_PMI_191530022_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (417kB)
[img] Teks
S_PMI_191530022_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (288kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_191530022_BAB V.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_191530022_Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pemberdayaan penyandang disabilitas melalui program life skill merupakan upaya dalam pengembangan diri pada anak, agar mereka dapat tumbuh mandiri dan tidak mudah bergantungan kepada orang lain, sehingga dengan adanya program life skill memberikan perkembangan dalam melatih potensi anak. Sekolah Khusus Fauzan adalah sekolah yang memiliki suatu keunggulan untuk para anak penyandang disabilitas dalam mencetak generasi yang memiliki skill dalam pengembangan diri anak, serta sekolah yang mencetus generasi yang berkembang, karena sekolah ini satu-satunya tempat khusus yang ada di wilayah Bojonegara dan sekitarnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan program life skill pada penyandang disabilitas ? 2) Bagaimana peran Yayasan Al-Mar’atus Sholihah dalam pemberdayaan penyandang disabilitas ? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelasanaan program life skill? Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemberdayaan yang dilakukan terhadap para anak penyandang disabilitas berdampak baik dan memberikan perkembangan dalam kemandirian anak. Hasil penelitian ini sendiri yaitu: 1) memberikan sebuah pengetahuan baru kepada penyandang disabilitas dalam proses kegiatan life skill, 2) memberikan sebuah pengalaman bagi para anak penyandang disabilitas, 3) penyandang disabilitas mampu untuk berinteraksi kepada masyarakat lain dan tidak mudah emosi ketika bertemu dengan orang lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan, Penyandang Disabilitas, program Life Skill
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 303 Sosial proses
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2023 02:11
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13686

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.