Pemberdayaan Remaja Melalui Pemanfaatan Limbah Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi (Participatory Action Research di Majelis Tangan Mas Kampung Cikarang Jati Desa Sukajaya Kecamatan Cibitung kabupaten Bekasi)

Nuzzula, Asslam Firdausi (2023) Pemberdayaan Remaja Melalui Pemanfaatan Limbah Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi (Participatory Action Research di Majelis Tangan Mas Kampung Cikarang Jati Desa Sukajaya Kecamatan Cibitung kabupaten Bekasi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530067_Cover.pdf

Download (222kB)
[img] Teks
S_PMI_191530067_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PMI_191530067_BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Teks
S_PMI_191530067_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (555kB)
[img] Teks
S_PMI_191530067_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (482kB)
[img] Teks
S_PMI_191530067_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (975kB)
[img] Teks
S_PMI_191530067_BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Teks
S_PMI_191530067_Daftar Pustaka.pdf

Download (417kB)

Abstrak

Kampung cikarang Jati Kabupaten Bekasi merupakan kampung penghasil limbah yang berasal dari pasar, pabrik dan kegiatan rumah tangga. jenis limbah yang dihasilkan adalah limbah organik yang berupa minyak jelantah. Minyak jelantah merupakan minyak yang berasal dari sisa minyak penggorengan bahan makanan. Namun, masyarakat Kampung Cikarang Jati masih banyak yang melakukan pembuangan secara sembarangan dan belum memahami cara memanfaatkan limbah minyak jelantah tersebut. Oleh karena itu, remaja Majelis Tangan Mas memiliki beberapa kegiatan untuk meminimalisir pembuangan limbah minyak jelantah yakni dengan melakukan pemanfaatan limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Memberikan pemahaman kepada remaja Majelis Tangan Mas terkait pemanfaatan limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi. 2. Memberikan pendampingan bersama remaja Majelis Tangan Mas mengenai pemanfaatan limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi. 3. Meningkatkan keterampilan berwirausaha melalui pendampingan sistem pemasaran produk lilin aromaterapi yang dapat menghasilkan nilai jual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Participatory Action Research. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi, menyusun metode dan teknik pelaksanaan kegiatan pemberdayaan, menyusun laporan hasil kegiatan pemberdayaan beserta rekomendasi tindak lanjut. Sedangkan dalam teknik pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah Penyiapan Sosial (Merancang Komunikasi Kemanusiaan), Community Riset Social Problem Diagnosis, Planning, Political Action, dan Reflection. Hasil pendampingan: 1) Remaja Majelis Tangan Mas dapat membuang limbah minyak jelantah sesuai pada tempatnya dan dapat memanfaatkan limbah minyak jelantah menjadi sesuatu yang lebih memiliki nilai ekonomis. 2) Remaja Majelis Tangan Mas dapat memproduksi kerajinan lilin aromatrerapi. 3) Terbentuknya logo usaha, nomor induk berusaha, surat izin perdagangan dan akun marketplace online (Shopee dan Tokopedia).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan, Minyak Jelantah, Lilin Aromaterapi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2023 08:31
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 04:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13683

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.