Pengaruh E-Service Quality, Risk, Dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Menggunakan Fitur Cashless Pada Mobile Banking Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Tangerang Jatiuwung

Amalia, Chafiatun Chairul (2023) Pengaruh E-Service Quality, Risk, Dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Menggunakan Fitur Cashless Pada Mobile Banking Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Tangerang Jatiuwung. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_181420023_Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Teks
S_PBS_181420023_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PBS_181420023_BAB I.pdf

Download (621kB)
[img] Teks
S_PBS_181420023_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (640kB)
[img] Teks
S_PBS_181420023_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (498kB)
[img] Teks
S_PBS_181420023_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (674kB)
[img] Teks
S_PBS_181420023_BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
S_PBS_181420023_Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB)

Abstrak

Bank Syariah merupakan lembaga perbankan yang memakai sistem serta operasi bersumber pada prinsip-prinsip hukum ataupun syariah Islam, semacam diatur dalam Al-Quran serta Hadist. Perbankan Syariah ialah suatu sistem perbankan yang dikembangkan bersumber pada sistem syariah (hukum islam). Tujuan penelitian ini, yaitu pertama, untuk mengetahui dan menjelaskan apakah e-service quality, risk, dan brand equity berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan fitur cashless pada mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI), kedua, untuk mengetahui dan menjelaskan apakah e-service quality, risk, dan brand equity berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan fitur cashless pada mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI), ketiga, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-service quality, risk, dan brand equity terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan fitur cashless pada mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 100. Penelitian ini menggunakan uji instrumen diantaranya uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, serta menggunakan uji hipotesis diantaranya uji t, dan uji F, kemudian analisis menggunakan analisis koefisien determinasi (R²), dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel e-service quality tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan fitur cashless pada mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Risk dan brand equity secara parsial memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan fitur cashless pada mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Adapun secara simultan e-service quality, risk, dan brand equity berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan fitur cashless pada mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Hasil analisis determinasi (R²) menunjukkan bahwa e-service quality, risk, dan brand equity berpengaruh sebesar 63,8% terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan fitur cashless pada mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI) dan sisanya sebesar 36,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel penelitian ini. Implikasi dalam penelitian ini yaitu menjadi suatu gambaran bahwa penggunaan mobile banking mempunyai kelebihan dan kekurangannya, maka diharapkan untuk selalu berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak menimbulkan berbagai hal yang tidak diinginkan. Bagi pemangku kepentingan dapat menjadi sebuah gambaran bahwa nasabah tetap loyalitas apabila perusahaan dapat meminimalisir resiko serta nilai atau reputasi perusahaan baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): E-Service Quality, Risk, Brand Equity, Loyalitas
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 01 Nov 2023 07:16
Perubahan Terakhir: 01 Nov 2023 07:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13645

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.