Alim, khoirul (2023) Efektivitan Penggunaan Metode Qiroati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an yang Baik dan Benar di Pondok Pesantren Al-Inayah Cilegon Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210035_Cover.pdf Download (167kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210035_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210035_BAB I.pdf Download (331kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210035_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (748kB) |
||
Teks
S_PAI_181210035_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (667kB) |
||
Teks
S_PAI_181210035_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (562kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210035_BAB V.pdf Download (161kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210035_Daftar Pustaka.pdf Download (209kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilakukan karena melihat situasi di zaman sekarang, begitu banyak orang-orang islam yang mampu membaca Al-Qur’an namun kurang memperhatikan hukum-hukum bacaan tajwid yang terdapat di dalamnya. Seperti halnyadi pondok pesantren Al-Ianayah, Cilegon, Banten. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode mengajar yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yang disebut metode Qiroati. Disisi lain penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik dan benarpada santri-santri pondok pesantren Al-Inayah, Cilegon, Banten. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui pengetahuan membaca Al-Qur’an (2) Untuk mengetahui penggunaan metode Qiroati (3) Uuntuk mengetahui seberapa efektivitasnya metode yang digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental designs dan instrument pengumpulan data yang digunakan yakni; observasi, tes kemampuan dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis standar deviasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Qiroati efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri pondok pesantren Al-Inayah, Cilegon, Banten. Hal tersebut dibuktikan dengan membandingkan besarnya t hitung dan t tabel yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t hitung diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel di mana t hitung = 5,35 sedangkan t tabel = 2,021. Dengan t hitung ≥ t tabel maka hipotesis dapat diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Qiroati efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di pondok pesantren Al-Inayah pada santri Al-Inayah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Efektifitas, Metode Qiroati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 01 Nov 2023 06:54 |
Perubahan Terakhir: | 01 Nov 2023 06:54 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13644 |
Actions (login required)
Lihat Item |