Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Sekolah di SMK Jaya Buana Kabupaten Tangerang

Sulastri, Tunnah (2023) Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Sekolah di SMK Jaya Buana Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_MPI_191250058_Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
S_MPI_191250058_Lampiran Deapn.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_MPI_191250058_BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Teks
S_MPI_191250058_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_MPI_191250058_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (363kB)
[img] Teks
S_MPI_191250058_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_MPI_191250058_BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Teks
S_MPI_191250058_Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)

Abstrak

Latar belakang permasalahan penelitian dilakukan karena manajemen Tata Usaha sekolah yang belum maksimal dalam melaksanakan tugas agar terorganisir secara efektif. Terdiri dari beberapa rumusan dan tujuan masalah yaitu: 1) penerapan atau implementasi manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan pelayanan administrasi sekolah di SMK Jaya Buana Kabupaten Tangerang; 2) Untuk mengetahui kendala manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan pelayanan administrasi sekolah di SMK Jaya Buana Kabupaten Tangerang; 3) Untuk mengetahui solusi manajemen Tata Usaha dalam meningkatkan pelayanan administrasi sekolah di SMK Jaya Buana Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala tata usaha, staf tata usaha dan tiga orang siswa SMK Jaya Buana Kabupaten Tangerang. Sedangkan sumber data penelitian mengunakan data sekunder dan primer. Lalu analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdiri reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian, yaitu: 1) Penerapan proses manajemen tata usaha dalam meningkatkan pelayanan administrasi di SMK Jaya Buana adalah pertama, melakukan proses perencanaan dengan mengkaji Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah sehingga perencanaan berfokus pada layanan berbasis internet atau aplikasi dan menggunakan komputerisasi. Kedua, pengorganisasian dilakukan dengan membagi jobdesk-nya masing-masing dan dapat saling bekerja sama. Ketiga, Penggerakan dilakukan oleh Kepala Tata Usaha atau pegawai staff dengan memberikan motivasi pada saat briefing. Keempat, melakukan pengendalian di SMK Jaya Buana Kabupaten Tangerang dilihat dari memonitoring kehadiran dan kinerja karyawan 2) Kendala yang terjadi dalam manajemen tata usaha dalam menigkatkan pelayanan di SMK Jaya Buana yaitu: Habit karyawan tidak tepat waktu dalam datang bekerja, Karyawan Tata Usaha sakit di waktu acara penting yang melibatkan kehadirannya, primary key siswa, Input data siswa dan pembayaran SPP saat awal penggunaan aplikasi JIBAS secara konvensional dan proses pemberian seragam yang tidak efektif. 3) Solusi yang dilakukan saat dihadapkan dengan kendala, yaitu: humanis dengan karyawam, Memanfaatkan teknologi, pemanfaatan Tim IT, Menginput data secara manual ke aplikasi JIBAS, dan Memesan seragam siswa dengan lebih banyak dari jumlah siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen, Tata Usaha, Pelayanan, Administrasi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 01 Nov 2023 06:32
Perubahan Terakhir: 01 Nov 2023 06:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13642

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.