Upaya Kelompok Bermain Al-Husna Di Kabupaten Serang Dalam Optimalisasi Keselamatan Anak Di Sekolah Melalui Lingkungan Ramah Anak

Hasanah, Uswatun (2023) Upaya Kelompok Bermain Al-Husna Di Kabupaten Serang Dalam Optimalisasi Keselamatan Anak Di Sekolah Melalui Lingkungan Ramah Anak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_191260047_Cover.pdf

Download (148kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260047_Lampiran Depan.pdf

Download (516kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260047_BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260047_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (235kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260047_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (225kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260047_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (201kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260047_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260047_Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui upaya menciptakan lingkungan ramah anak di Kelompok Bermain Al-Husna, (2) Mengetahui upaya sekolah untuk optimalisai keselamatan aka di Kelompok Bermain Al-husna, (3) Mengetahui faktor penghambat optimalisasi keselamatan anak dalam lingkungan ramah anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data sebagai teknik pengumpulan data. Judul penelitian ini yaitu Upaya Kelompok Bermain Al-Husna di Kabupaten Serang Dalam Optimalisasi Keselamatan Anak di Sekolah Melalui Lingkungan Ramah Anak. Hasil penelitian peneliti yaitu: (1) Lingkungan ramah anak sudah mampu dalam menyediakan sarana dan prasarana yang dapat memenuhi kebutuhan anak tumbuh dan berkembang tanpa ada hambatan, merasa aman dan nyaman. Lingkungan ramah anak menjadi tempat yang dapat mendukung hak-hak anak terpenuhi tanpa ada hambatan maupun ancaman. (2) Kelompok Bermain Al-husna sudah cukup baik dalam mengupayakan keselamatan anak di lingkungan sekolah, hal ini dapat di lihat dari wawancara dan dokumentasi yang sudah penliti lakukan. Sekolah sudah memahami pengembangan lingkungan ramah anak, meski belum sesuai dengan standar sekolah ramah anak. Sekolah harus lebih perhatian tidak hanya pada lingkungan belajar di dalam kelas tetapi juga pada lingkungan taman bermain anak yang terganggu akibat kumpulan orangtua yang membuat kelompok selama menunggu anak di lingkungan sekolah, agar lebih optimal dalam penyelenggaraannya. (3) Faktor penghambat dalam menjalankan optimalisasi keselamatan anak melalui lingkungan ramah anak tentu tidak luput dari faktor penghambat. Faktor penghambat yang ditemukan adanya intervensi orangtua yang di ijinkan menunggu di lingkungan sekolah membuat anak kerap kali kesulitan bergerak bermain di lapangan karena adanya sekelompok orangtua yang membuat grup lebih dari lima orang. Hal ini perlu kebijakan dari pihak sekolah agar memikirkan lebih matang, baikkah mengijinkan orangtua untuk menunggu di dalam lingkungan sekolah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Optimalisasi Keselamatan, Lingkungan Ramah Anak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Okt 2023 04:25
Perubahan Terakhir: 30 Okt 2023 04:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.