Zahroturrubhiyah, Zahroturrubhiyah (2023) Dorongan Guru Terhadap Kemampuan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Loose Parts Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Tk Islam Widya Cendekia Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260027_Cover.pdf Download (16kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260027_Lampiran Depan.pdf Download (551kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260027_BAB I.pdf Download (254kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_191260027_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (349kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260027_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (241kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260027_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (360kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_191260027_BAB V.pdf Download (93kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260027_Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dorongan apa saja yang dilakukan seorang guru dalam memberikan motivasi terhadap kemampuan kreativitas anak dengan menggunakan bahan Loose Parts pada implementasi kurikulum merdeka. Serta Untuk mengetahui hasil perkembangan yang muncul dari Dorongan Seorang Guru Terhadap Kemampuan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Loose parts Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Motivasi guru yang disampaikan berpengaruh dalam proses pembelajaran. Bukan hanya itu guru juga berperan sebagai penguat siswa untuk menjadi anak yang kreatif, inovatif dan memiliki ide-ide unik serta luas. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang didukung oleh instrument penelitian berupa data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Cara Guru Mendorong Anak dalam Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Menggunakan Bahan LOOSE PARTS Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Tk Islam Widya Cendekia Kota Serang yaitu pertama Pemberian stimulus terhadap anak, kedua penerapan tahapan dan peraturan bermain loose parts, dan ketiga memberikan motivasi/apresiasi terhadap anak. Selanjutnya Hasil perkembangan yang muncul dari Dorongan Seorang Guru Terhadap Kemampuan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Loose parts Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Tk Islam Widya Cendekia Kota Serang yaitu pertama ide anak terlihat lebih berkembang serta mereka menjadi lebih kreatif dan luas dalam berkreasi. Kedua anak-anak yang sudah melakukan berbagai kegiatan eksperimen sangat antusias dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Anak sangat senang mengkreasikan ide-ide yang dimilikinya. Ketiga anak jauh lebih percaya diri dengan hasil kreasi yang dibuat. Kebebasan pada anak untuk berkreasi menjadikan anak lebih mengembangkan ide yang dimiliki serta antusias dalam melakukannya. Rasa percaya diri yang muncul pada diri anak adalah tahapan tertinggi dalam pembelajaran bermain loose parts.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Dorongan Guru, Kemampuan Kreativitas Anak Menggunakan Bahan Loose Parts, Kurikulum Merdeka Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 30 Okt 2023 03:38 |
Perubahan Terakhir: | 30 Okt 2023 03:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13620 |
Actions (login required)
Lihat Item |