Dampak Zikir Tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah dalam Meningkatkan Spiritualitas (Studi di Pondok Pesantren Al-Karomah Kabupaten Serang)

Arrachman, Annisa Zahra (2023) Dampak Zikir Tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah dalam Meningkatkan Spiritualitas (Studi di Pondok Pesantren Al-Karomah Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520018_Cover.pdf

Download (100kB)
[img] Teks
S_BKI_191520018_Lampiran Depan.pdf

Download (515kB)
[img] Teks
S_BKI_191520018_BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Teks
S_BKI_191520018_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
S_BKI_191520018_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (211kB)
[img] Teks
S_BKI_191520018_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (222kB)
[img] Teks
S_BKI_191520018_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_BKI_191520018_Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)

Abstrak

Zikir TQN merupakan amalan utama dalam ajaran Tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah yang disebarkan oleh Syekh Abdul Qadir Jaelani dan Muhammad Baha Al-Din al-Uwaisi al-Bukhari Naqsyabandi, sebagaimana zikir dapat menyejukan hati yang mengamalkannya. Maka, zikir jahr yang diamalkan sehari-hari oleh jemaah berdampak baik bagi kondisi batiniah yang mengamalkannya. Cara pelaksanaan zikir jahr pada ajaran TQN ini, dapat membersihkan hati yang kotor dan meningkatkan spiritualitas jemaah dalam beribadah kepada Allah. Spiritualitas yang meningkat, membuat jemaah memiliki kualitas hidup dan jiwa yang sehat, mensyukuri kehidupannya, menerima apapun yang telah Allah berikan kepada hambanya dan harus diterima dengan tabah, ikhlas dan sabar. Dampak dari zikir TQN ini juga mempengaruhi kondisi psikologis jemaah, yang mengakibatkan stabilnya emosional para jemaah, sehingga jemaah dapat merasakan ketenangan dalam lahir dan batinnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi spiritualitas jemaah TQN di Pondok Pesantren Al-Karomah? 2) Bagaimana cara pelaksanaan zikir TQN di Pondok Pesantren Al-Karomah? 3) Bagaimana dampak zikir TQN yang dilakukan oleh jemaah ? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana kondisi spiritualitas jemaah sebelum mengikuti TQN. 2) Untuk mengetahui bagaimana cara zikir TQN yang dapat meningkatkan spiritualitas jemaah. 3) Untuk mengetahui dampak zikir TQN setelah jemaah mengamalkannya dalam meningkatkan spiritualitas. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari smpai Maret 2023, dengan jumlah 3 subjek penelitian diantaranya yaitu, Kyai dan 2 jemaah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: 1) kondisi spiritualitas jemaah TQN Sebelum mengikuti ajaran ini yaitu, jemaah mengalami gangguan emosional yang berdampak pada ketenangan batin 2) Cara pelaksanaan zikir TQN di Pondok Pesantren Al-Karomah, memiliki dampak pada kondisi spiritualitas jemaah 3) Dampak zikir tarekat terhadap spiritualitas adalah memberikan ketenangan sehingga dapat meningkatkan spiritualitasnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Spiritualitas, Zikir TQN, Pesantren Al-Karomah Serang
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah > 2x7.15 Ilmu jiwa agama Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 08:05
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13600

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.