Layanan Konseling Individual Terhadap Toxic relationship pada Remaja Awal di Komunitas Forum Anak Kota Cilegon

Quraini, Quraini (2023) Layanan Konseling Individual Terhadap Toxic relationship pada Remaja Awal di Komunitas Forum Anak Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520001_Cover.pdf

Download (58kB)
[img] Teks
S_BKI_191520001_Lampiran Depan.pdf

Download (501kB)
[img] Teks
S_BKI_191520001_BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Teks
S_BKI_191520001_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (383kB)
[img] Teks
S_BKI_191520001_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (136kB)
[img] Teks
S_BKI_191520001_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (395kB)
[img] Teks
S_BKI_191520001_BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Teks
S_BKI_191520001_Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB)

Abstrak

Toxic relationship adalah hubungan antara satu sama lain merasa tidak nyaman atau merasa tertekan. Toxic relationship bisa berupa bentuk kekerasan yang terjadi dalam hubungan seperti pacaran yang saat ini menjadi konsumsi masyarakat luas. Kemudian bisa menyebabkan ketidaknyamanan di antara salah satu atau kedua dari pasangan tersebut. Rasa keegoisan yang berlebih, serta terdapat kekangan sehingga tidak ada kebebasan dalam bertindak maupun beraktivitas sosial. Tentu saja hal ini dapat mempengaruhi perilaku seseorang yang tidak bisa berkembang di lingkungan sosialnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja bentuk-bentuk toxic relationship yang dialami oleh remaja awal di Komunitas Forum Anak Kota Cilegon. 2) Apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya toxic relationship yang dialami oleh remaja awal di Komunitas Forum Anak Kota Cilegon. 3) Bagaimana dampak Layanan Konseling Individual terhadap remaja awal di Komunitas Forum Anak Kota Cilegon. Penelitian ini bertujuan: 1) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang bentuk-bentuk toxic relationship yang terjadi pada remaja awal di Komunitas Forum Anak Kota Cilegon. 2) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang faktor-faktor penyebab terjadinya toxic relationship pada remaja awal di Komunitas Forum Anak Kota Cilegon. 3) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak toxic relationship terhadap layanan konseling individual pada remaja awal di Komunitas Forum Anak Kota Cilegon. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif – deskriptif yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan dengan menggunakan teknik wawancara. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada 20 Maret hingga 20 Juni 2023, dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 3 orang yang mengalami toxic relationship. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Bentukbentuk toxic relationship pada remaja awal yaitu ada beberapa macam, seperti: kekerasan fisik yang dialami oleh korban, dijambak, dicubit. Adapun kekerasan psikologis dan kekeran ekonomi. Gejala yang dialami oleh konseli merasakan stress, takut, dan cemas. 2) Faktor – Faktor penyebab terjadinya toxic relationship pada remaja awal yang dialami oleh korban dibagi menjadi 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari faktor internal berasal dalam diri seseorang yang keadaan emosi sedang tidak stabil. Dari faktor eksternal membuat individu bertindak dalam lingkungan sosial, seperti adanya perselingkuhan. 3) hasil dari penerapan layanan konseling individual konseli merasakan ketenangan dan merasakan lega bebas dari pikiran yang mengganggu, rasa ketakutan sudah mulai turun. Konseli sudah mampu menerima keadaannya saat ini setelah melakukan layanan konseling individual, menjadi lebih tenang dan enjoy untuk melakukan kegiatan yang positif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): layanan konseling individual, remaja, toxic relationship
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 07:33
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 04:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13598

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.