Pesan Dakwah M. Quraish Shihab dalam Kajian Penyakit Hati’ (Analisis Isi Pesan Dakwah M. Quraish Shihab pada Channel YouTube Najwa Shihab)

Susanti, Susanti (2023) Pesan Dakwah M. Quraish Shihab dalam Kajian Penyakit Hati’ (Analisis Isi Pesan Dakwah M. Quraish Shihab pada Channel YouTube Najwa Shihab). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510030_Cover.pdf

Download (149kB)
[img] Teks
S_KPI_191510030_Lampiran Depan.pdf

Download (755kB)
[img] Teks
S_KPI_191510030_Bab I.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_KPI_191510030_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (469kB)
[img] Teks
S_KPI_191510030_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (149kB)
[img] Teks
S_KPI_191510030_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (886kB)
[img] Teks
S_KPI_191510030_Bab V.pdf

Download (155kB)
[img] Teks
S_KPI_191510030_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstrak

Sejarah menunjukan bahwa mengajak manusia kepada kebajikan tidaklah mudah, apalagi dakwah masa kini (kontemporer). Dakwah kontemporer menghadapai tantangan dengan banyaknya informasi dan media massa yang tidak sejalan dengan dakwah, seperti banyaknya manipulasi informasi dalam tayangan yang membuat manusia tidak memiliki hati yang bersih dan akhhlak yang baik. Manusia memiliki penyakit hati yang sangat menghawatirkan, sehingga penulis memiliki keinginan penuh untuk meneliti sebuah video yang relate dimiliki oleh masyarakat yang terkena dampaknya akibat penyakit hati. Penulis meneliti video kajian dakwah dengan judul “Kajian Penyakit Hati” di ambil dari video YouTube Najwa Shihab yang didalamnya terdapat respon-respon penonton mengenai pesan dakwah yang terdapat pada video YouTube Najwa Shihab.Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah pada penelitaian ini yaitu: 1) Apa saja isi pesan dakwah M. Quraish Shihab dalam Kajian Penyakit Hati? 2) Bagaimana respon publik dalam Kajian Penyakit Hati pada channel YouTube Najwa Shihab? Tujuan dari peneliti ini yaitu: 1) untuk mengetahui apa saja isi pesan dakwah M. Quraish Shihab dalam Kajian Penyakit Hati. 2) untuk mengetahi respon publik dalam kajian Penyakit Hati pada Channel YouTube Najwa Shihab. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi atau conten analysis yang berfungsi untuk mendeskripsikan dengan jelas pada suatu pesan tertentu dengan teknik ilmiah dengan tujuan mengetahui gambaran karaktristik isi dan menarik inferensi dari isi. Kemudian mengumpulkan data study liberary (kepustakaan), catatan dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa 1. Pesan dakwah M. Quraish Shihab dalam Kajian Penyakit Hati mengandung tiga unsur pesan dakwah yaitu pesan akidah, akhlak dan syari’ah. Adapun pesan dakwah yang paling dominan dalam video tersebut adalah pesan akhlak, akhlak terhadap Allah dan akhlak terhadap manusia. 2. Respon public dalam kajian penyakit hati yang paling dominan yaitu respon terhadap perilaku manusia atau pesan akhlak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kajian Penyakit Hati, M. Quraish Shihab, Channel YouTube Najwa Shihab
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.23 Materi Da’wah
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 07:17
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 03:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13595

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.