Penerapan Logoterapi pada Orang Tua yang Memiliki Motivasi Rendah dalam Menguliahkan Anak (Studi di Desa Jayapura Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten)

Dahlia, Lani (2023) Penerapan Logoterapi pada Orang Tua yang Memiliki Motivasi Rendah dalam Menguliahkan Anak (Studi di Desa Jayapura Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520039_Cover.pdf

Download (95kB)
[img] Teks
S_BKI_191520039_Lampiran Depan.pdf

Download (779kB)
[img] Teks
S_BKI_191520039_BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Teks
S_BKI_191520039_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (263kB)
[img] Teks
S_BKI_191520039_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (113kB)
[img] Teks
S_BKI_191520039_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (228kB)
[img] Teks
S_BKI_191520039_BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Teks
S_BKI_191520039_Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)

Abstrak

Pendidikan pada hakekatnya merupakan suatu sistem untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupannya. Pendidikan merupakan proses untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia yang berlangsung sepanjang hidup. Memberikan pendidikan pada anak merupakan tugas dan tanggung jawab orang tua, namun faktanya masih banyak orang tua yang tidak begitu menganggap penting suatu pendidikan apalagi pendidikan tinggi untuk anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor rendahnya motivasi orang tua di Desa Jayapura Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak untuk menguliahkan anak, 2) Untuk mengetahui bagaimana proses penerapan logoterapi pada orang tua di Desa Jayapura Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak yang memiliki motivasi rendah dalam menguliahkan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif analitik. teknik yang digunakan dalam proses pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi responden dalam penelitian ini yaitu orang tua yang mampu secara finansial namun tidak menguliahkan anak. Adapun respondennya berjumlah tiga orang, yaitu satu orang laki-laki dan dua orang perempuan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan di Desa Jayapura Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak, menyatakan bahwa yang menjadi faktor rendahnya motivasi orang tua dalam menguliahkan anak diantaranya karena faktor pendidikan orang tua, lingkungan, dan ekonomi. Adapun penerapan konseling logoterapi terhadap orang tua yang memiliki motivasi rendah dalam menguliahkan anak dilakukan empat kali pertemuan. Proses konselingnya terdiri dari tahap perkenalan dan pembinaan rapport, tahap pengungkapan dan penjajakan masalah, tahap pembahasan bersama, dan tahap evaluasi dan penyimpulan. Hasil dari penerapan logoterapi pada orang tua yang memiliki motivasi rendah dalam menguliahkan anak cukup efektif digunakan, karena adanya perubahan pola pikir orang tua mengenai perguruan tinggi. Orang tua menjadi lebih mengerti tugas dan tanggung jawabnya terhadap pendidikan anak. Responden juga menjadi lebih termotivasi untuk mendukung anaknya melanjutkan pendidikan dengan harapan-harapan yang digenggamnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Logoterapi, Motivasi, Orang Tua
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 04:32
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13590

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.