Analisis Pengaruh Tingkat Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Berdasarkan Pendekatan Servqual (Studi Kasus Jama’ah Umrah di PT. Hannas Group Indonesia Kota Cilegon, Banten)

Sulfia, Niva (2023) Analisis Pengaruh Tingkat Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Berdasarkan Pendekatan Servqual (Studi Kasus Jama’ah Umrah di PT. Hannas Group Indonesia Kota Cilegon, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_191410011_Cover.pdf

Download (179kB)
[img] Teks
S_ES_191410011_Lampiran Depan.pdf

Download (549kB)
[img] Teks
S_ES_191410011_Bab I.pdf

Download (323kB)
[img] Teks
S_ES_191410011_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (475kB)
[img] Teks
S_ES_191410011_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (415kB)
[img] Teks
S_ES_191410011_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (511kB)
[img] Teks
S_ES_191410011_Bab V.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
S_ES_191410011_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Kepuasan layanan merupakan suatu keadaan yang dirasa seseorang setelah dia mengalami suatu kinerja atau hasil yang telah memenuhi banyak sekali harapan. Pelayanan yang diberikan PT. Hannas Group Indonesia Kota Cilegon pada jama’ah umrah seperti setiap penyelenggara perjalanan ibadah umrah harus memiliki standar layanan yang diberikan oleh jama’ah. layanan yang didapatkan oleh jama’ah harus sesuai dengan biaya yang dikeluarkan, pemerintah telah mengeluarkan standar layanan untuk jama’ah umrah, adanya bimbingan jama’ah ibadah umrah sebelum keberangkatan, dalam perjalanan, dan selama di Arab Saudi. Transportasi udara tanpa transit, konsumsi selama di Arab Saudi wajib memenuhi persyaratan, mengurus dokumen perjalanan umrah, mengurus visa bagi jama’ah umrah, dan memberikan asuransi jiwa, kesehatan, dan kecelakaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah layanan berpengaruh terhadap kepuasan jama’ah umrah pada PT. Hannas Group Indonesia Kota Cilegon. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan terhadap kepuasan jama’ah umrah pada PT. Hannas Group Indonesia Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah jama’ah umrah pada PT. Hannas Group Indonesia Kota Cilegon yang berjumlah 95 jama’ah umrah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil persamaan regresi linear berganda dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel jaminan (assurance) dengan nilai uji T sebesar 6,077 paling berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan jama’ah umrah. Hasil pengujian dapat dilihat dari besarnya nilai t hitung 6,077 > 1,983 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (nyata) antara variabel jaminan (assurance) terhadap variabel dependent kepuasan pelayanan. Maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis regresi linear berganda uji hipotesis secara simultan (Uji F) didapatkan nilai nilai F hitung 35,104 > F tabel 2,310. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh secara signifikan (nyata) dari variabel berwujud (tangible), empati (empathy), respon dan tanggung Jawab (responsiveness), dan jaminan (assurance) secara simultan terhadap kepuasan pelayanan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Layanan, Kepuasan, Jama’ah Umrah, Servqual
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 336 Umum keuangan
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 04:10
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2023 04:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13587

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.