Manajemen Pelayanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 & Madrasah Aliyah Negeri 4 Tangerang

Mustantri, Rosmi (2023) Manajemen Pelayanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 & Madrasah Aliyah Negeri 4 Tangerang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_212625003_Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Teks
T_MPI_212625003_Lampiran Depan.pdf

Download (707kB)
[img] Teks
T_MPI_212625003_BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Teks
T_MPI_212625003_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (404kB)
[img] Teks
T_MPI_212625003_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (111kB)
[img] Teks
T_MPI_212625003_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (450kB)
[img] Teks
T_MPI_212625003_BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Teks
T_MPI_212625003_Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)

Abstrak

Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh perpustakaan sebagai bagian integral dari suatu lembaga pendidikan merupakan sarana penting dalam menunjang proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 3 & MAN 4 Tangerang secara aktif dan positif. Karena itu, perpustakaan sebagai pusat sumber belajar diharapkan mampu meningkatkan minat baca siswa. Dengan perpustakaan yang tersedia harus dapat menunjang proses belajar mengajar, sehingga perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi perpustakaan disesuaikan dengan standar perpustakaan nasional. Berdasarkan permasalahan diatas peneliti merumuskanmasalah sebagai berikut: 1).Bagaimana perencanaan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MAN 3 dan MAN 4? 2).Bagaimana pelaksanaan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MAN 3 dan MAN 4? 3).Bagaimana pengawasan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MAN 3 dan MAN 4? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:1). Perencanaan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MAN 3 dan MAN 4. 2).Pelaksanaan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MAN 3 dan MAN 4. 3).Pengawasan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MAN 3 dan MAN 4. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang disajikan dalam bab pertama dan kedua, yang masing-masing membahas pendahuluan dan tinjauan pustaka, sedangkan dalam paparan data/temuan dan pembahasan penelitian ada dalam bab keempat. Dalam pembahasan ini penulis menggunakan metode interview/wawancara, observasi dan dokumentasi serta pengumpulan dokumendokumen dan data yang valid. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti dilapangan, penulis menyimpulkan bahwa, (1) standar pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca ialah: mempermudah dalam prosedur peminjaman buku, mensosialisasikan prosedur peminjaman, memberikan pelayanan pinjaman dengan ramah dan komunikatif, peningkatan SDM di perpustakaan, (2) Pelaksanaan pelaksanaan: pengolahan bahan pustaka menyesuaikan peraturan pemerintah yang berlaku. pelaksanaan pengorganisasian sumber daya manusia ditunjukkan dengan adanya struktur organisasi, kegiatan pengarahan dan kegiatan koordinasi perpustakaan dengan struktur organisasi, pelaksanaan penataan sarana prasarana perpustakaan disesuaikan dengan kapasitas ruang perpustakaan, sehingga digunakan untuk ruang pelayanan, ruang baca, ruang proses KBM dan ruang koleksi, pelaksanaan layanan perpustakaan disesuaikan dengan siswa, guru dan karyawan, sehingga terdapat 2 pelayanan yaitu pelayanan sirkulasi dan pelayanan teknis pelaksanaan penggunaan anggaran perpustakaan digunakan untuk pembelian bahan pustaka, sarpras dan ATK perpustakaan yang bersumber dari dana BOS, RAPBS dan dana hibah dari pemerintah atau perusahaans etempat serta dari sumbangan siswa kelas XII yang akan lulus. 3. Evaluasi dan pengawasan perpustakaan sekolah di MAN 3 dan MAN 4 dilakukan oleh pihak kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan pengawasan yang dilaksanakan untuk peningkatan SDM.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Manajemen, Perpustakaan dan Minat Baca
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 02:55
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2023 02:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13579

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.