Pola Pengembangan Nilai-nilai Pluralisme Agama pada Pelajaran PAI dalam Menanamkan Kebhinekaan dan Karakter Peserta Didik (Studi di SMKN 3 Cilegon)

Farhan, TB. A. Nabil (2023) Pola Pengembangan Nilai-nilai Pluralisme Agama pada Pelajaran PAI dalam Menanamkan Kebhinekaan dan Karakter Peserta Didik (Studi di SMKN 3 Cilegon). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610040_Cover.pdf

Download (32kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610040_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610040_BAB I.pdf

Download (439kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_192610040_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (720kB)
[img] Teks
T_PAI_192610040_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (450kB)
[img] Teks
T_PAI_192610040_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (494kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610040_BAB V.pdf

Download (189kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610040_Daftar Pustaka.pdf

Download (351kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dewasa ini di Indonesia menghadapi berbagai persoalan agama, salah satunya yaitu pluralisme agama, pada era global ini percampuran persaingan teradisi keagamaan merupakan bagian dari kehidupan sosial yang rutin. Pluralisme dapat menggambarkan suatu masyarakat memliki pandangan yang berbeda dengan anggota-anggotanya, namun perbedaan tersebut dianggap tidak penting. Interpretasi ekstrim lain dari pluralisme adalah di mana anggota masyarakat memiliki pandangan yang berbeda dan bertentangan tentang sejumlah masalah yang dianggap penting bagi kesejahteraan anggota dan masa depan masyarakat mereka. Mencegah potensi perpecahan baik di masyarakat pada umumnya di sekolah pada khusunya, Peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pola pengembangan nilai-nilai pluralisme agama pada pembelajaran PAI. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologis, dimana seorang peneliti mencari sumber informasi yang valid untuk dapat dipertanggung jawabkan dengan cara melakukan observasi partisipan, wawancara dengan objek, dan dokumentasi berbentuk dokumen atau foto, vidio dan merekam. Setelah melakukan penelitian serta mengumpulkan data melalui sumber-sumber terdahulu, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa pola pengembangan nilai-nilai pluralism agama yang dapat diterapkan pada pelajaran PAI di sekolah. Salah satunya dengan cara melakukan pembiasaan dan pemahaman kepada seluruh siswa di sekolah bahwa perbedaan agama, etnis, ras, suku dan bahasa yang ada di sekitar mereka itu adalah bagian dari kemajmukan yang harus mereka hormati dan harus mereka jaga sampai kapanpun.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pola Pengembangan, Nilai-nilai Pluralisme agama
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Okt 2023 10:39
Perubahan Terakhir: 25 Okt 2023 10:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13575

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.