Implementasi Kurikulum Muadalah Dan Kurikulum Nasional Dalam Meningkatkan Kualitas Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Modern (Studi komparasi di Pondok Pesantren Daar El-Istiqomah dan Pondok Pesantren Manahijussadat)

Sampurna, Bakti (2023) Implementasi Kurikulum Muadalah Dan Kurikulum Nasional Dalam Meningkatkan Kualitas Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Modern (Studi komparasi di Pondok Pesantren Daar El-Istiqomah dan Pondok Pesantren Manahijussadat). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_192610049_Cover.pdf

Download (27kB)
[img] Teks
T_PAI_192610049_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_192610049_BAB I.pdf

Download (702kB)
[img] Teks
T_PAI_192610049_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (804kB)
[img] Teks
T_PAI_192610049_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
T_PAI_192610049_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (706kB)
[img] Teks
T_PAI_192610049_BAB V.pdf

Download (260kB)
[img] Teks
T_PAI_192610049_Daftar Pustaka.pdf

Download (407kB)

Abstrak

Pondok Pesantren Modern merupakan lembaga Pendidikan formal yang mengembangkan norma-norma Islam dibalut dalam suatau ranah Pendidikan dengan tidak menolak sisi kemodernan perkembangan zaman. Maka terjadilah suatau daya tarik terhadap masyarakat agar terlibat dalam ranah Pesantren modern. Terkait itu semua maka didalamnya terdapat alur pola perputaran kegiatan yang menjadikan suatu branding dan daya tarik yang dimiliki Pondok Pesantren Modern yaitu Kurikulum yang digunakan, juga seberapa besar upaya dalam menangani sisi Spiritual yang ditanamkan kepada seluruh peserta didiknya (Santri). terdapat berbagai macam kurikulum yang digunakan oleh Pesantren namun pada dua pesantren yang dibahas kali ini mengguanakn Kurikulum Muadalah yang diterapkan di Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah dan Kurikulum 2013 atau yang diterapkan di Pondok Pesantren Modern manahijussadat. Penelitian ini terfokus pada komparasi antara kurikulum Muadalah dan kurikulum nasional atu kurtilas. Dengan adanya perbedaan penggunakan Kurikulum tersebut maka akan dibahas dengan menggunakan metodologi Kualitatif yang kemjudian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, Threats), metode analisis ini sangat relefan guna dijadikan tolak ukur dengan seiring perkembanganya zaman mengingat pembahasan kali ini dilakukan di Pondok pesantren yang berlebelkan Modern. Penelitian yang telah dilakukan mengenai Kurikulum yang digunakan oleh masing-masing pesantren: a).Secara tekstual memang sangat jauh berbeda namun dari segi peng-implementasianya tidak jauh berbeda bahkan cenderung mempunyai banyak kesamaan. b). secara implementasi: Kurikulum Muadalah yang digunakan Oleh Pondok Pesantren Daar El-Istiqomah seara totalitas diterapkan sebagaimana mestinya meskipun belum sempurna tetapi hal itu diupayakan agar teracpai Pesantren Muadalah yang totalitas (kaafah). Kurukulum Nasional yang diterapkan di Pesantren Manahijussadat cenderung dikurangi isi nya dan dimasukan muatan-muatan tertutup atau mengadopsi muatan dari Kurikulum Muadalah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kurikulum Muadalah, Spiritual, Pesantren
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Okt 2023 06:23
Perubahan Terakhir: 25 Okt 2023 06:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13563

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.