Pendampingan Orang Tua Dalam Membaca Al Qur’an Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Bilqis Kabupaten Pandeglang Banten

Rahma, Velia Nurliani (2023) Pendampingan Orang Tua Dalam Membaca Al Qur’an Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Bilqis Kabupaten Pandeglang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_171260017_Cover.pdf

Download (175kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260017_Lampiran Depan.pdf

Download (950kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260017_BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260017_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (793kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260017_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (353kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260017_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260017_BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260017_Daftar Pustaka.pdf

Download (304kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pendampingan orang tua dalam membaca Al Qur’an anak usia 5 6 tahun di TK Al Bilqis Kabupaten Pandeglang, untuk mengetahui berbagai kemampuan membaca Al Qur’an anak di TK Al Bilqis Kabupaten Pandeglang serta untuk mengetahui pendampingan orang tua juga hambatan guru dan orang tua dalam membaca Al Qur’an pada anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi, dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah anak anak usia 5 6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan orang tua dalam belajar membaca Al Qur’an pada anak sangat dibutuhkan. Hal ini dapat dilihat dari cara guru dan orang tua memberikan perhatian, motivasi juga pengajaran membaca Al Qur’an yang baik dengan cara memberikan dan menyediakan wadah belajar melalui kegiatan les mengaji yang dilakukan seperti kegiatan pembelajaran sehari hari di sekolah. Namun ada beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru maupun orang tua mengenai pengajaran membaca Al Qur’an pada anak seperti keterbatasan waktu dimana guru tidak memiliki banyak waktu di sekolah untuk terus mengajarkan huruf huruf Hijaiyah pada anak. Selain faktor waktu, keadaan personal anak juga menjadi salah satu hambatan dalam belajar membaca Al Qur’an. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendampingan orang tua sangatlah berpengaruh dalam belajar membaca Al Qur’an pada anak usia 5 6 tahun di TK Al Bilqis Kabupaten Pandeglang Banten.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): pendampingan orang tua; membaca Al Qur’an;anak usia dini
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Okt 2023 04:45
Perubahan Terakhir: 25 Okt 2023 04:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13562

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.