Hubungan Antar Agama Di Kota Serang Studi Kasus Konflik Pendirian Rumah Ibadah Islam Dan Kristen

Miftahurrizki, Miftahurrizki (2023) Hubungan Antar Agama Di Kota Serang Studi Kasus Konflik Pendirian Rumah Ibadah Islam Dan Kristen. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AFI_191310028_Cover.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_AFI_191310028_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_AFI_191310028_BAB I.pdf

Download (678kB)
[img] Teks
S_AFI_191310028_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (451kB)
[img] Teks
S_AFI_191310028_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (358kB)
[img] Teks
S_AFI_191310028_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (364kB)
[img] Teks
S_AFI_191310028_BAB V.pdf

Download (277kB)
[img] Teks
S_AFI_191310028_Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB)

Abstrak

Dalam penelitian ini penulis membahas mengenai konflik pendirian rumah ibadah agama Islam dan Kristen. Masalah yang sering muncul dan dialami oleh setiap pemeluk agama ialah tentang perizinan mendirikan rumah ibadah yang terus menerus menjadi persoalan di daerah salah satunya Kota Serang. Kota Serang beberapa tahun kebelakang terdapat beberapa konflik pendirian rumah ibadah di beberapa wilayah yang mengakibatkan percikan konflik kerukunan umat beragama. Konflik tidak akan terpisahkan dalam kehidupan yang pastinya tidak dapat dipisahkan dan lenyap dari peradaban manusia dan akhirnya akan menjadi sebuah sejarah. Berdasarkan dari latarbelakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Kenapa pendirian Masjid Agung Kota Serang dan Gereja Bethel Indonesia Eliezar Serang terjadi konflik proses pendiriannya, 2) Bagaimana penyelesaian konflik pendirian Masjid Agung Kota Serang dan Gereja Bethel Indonesia Eliezar Serang. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana konflik pendirian Masjid Agung Kota Serang dan Gereja Bethel Indonesia Eliezar Serang, untuk mengetahui bagaimana penyelesaian konflik pendirian Masjid Agung Kota Serang dan Gereja Bethel Indonesia Eliezar Serang. Dalam penelitian ini yang berjudul Hubungan Antar Agama di Kota Serang: Studi Konflik Pendirian Rumah Ibadah Islam dan Kristen. Penulis menggunakan metode kualitatif karena penulis mengumpulkan semua data dengan interview terhadap orang-orang yang sangat berkaitan dengan permasalahan yang terjadi. Toleransi itu sendiri juga dapat mengandung sikap konsesi. Konsesi disini adalah hal yang dapat diperoleh hanya didasari oleh kemurahan hati dan bukan didasari pada hak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: konflik yang terjadi di Kota Serang didasari atas urgensi terhadap pendirian rumah ibadah dan ketidaklengkapan persyaratan prosedural dalam perizinan mulai dari Feasibility Study, Kartu tanda penduduk, dan Surat Mendirikan Bangunan. Maka dari itu sebaiknya perizinan harus dilakukan dengan transparansi sesuai dengan Peraturan Bersama Menteri Nomor 9 dan 8 tahun 2006.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hubungan, Kerukunan, Konsensi
Subjek: 200 Agama > 206 Pemimpin & organisasi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Filsafat Agama
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 19 Okt 2023 04:08
Perubahan Terakhir: 19 Okt 2023 04:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13537

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.