(السبك المعجمي في سورة إبراهيم(دراسة في علم لغة النص

Nurmeilitasari, Pranadia (2023) (السبك المعجمي في سورة إبراهيم(دراسة في علم لغة النص. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_171360001_Cover.pdf

Download (213kB)
[img] Teks
S_BSA_171360001_Lampiran Depan.pdf

Download (689kB)
[img] Teks
S_BSA_171360001_BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Teks
S_BSA_171360001_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (558kB)
[img] Teks
S_BSA_171360001_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (355kB)
[img] Teks
S_BSA_171360001_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (505kB)
[img] Teks
S_BSA_171360001_BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Teks
S_BSA_171360001_Daftar Pustaka.pdf

Download (272kB)

Abstrak

Surat Ibrahim merupakan surat ke 14 dalam al-Qur'an. Surat ini terdiri dari 52 ayat dan termasuk kedalam surat makiyyah. Salah satu surat dalam al-Qur’an yang dianggap memiliki keutuhan teks adalah surat Ibrahim, yang mana dalam surat tersebut mengandung doa nabi Ibrahim yang berisi permohonan agar keturunannya mendirikan sholat, dijauhkan dari menyembah berhala dan agar Mekkh serta daerah sekitarnya menadi daerah yang aman dan makmur. Mengenal dan memahami al-Qur'an dari segi nahwunya memang suatu hal yang sudah biasa dikaji oleh peneliti terdahulu. Namun, terdapat hal lain dari penelitian ini yang menjadikannya sebagai penelitian yang tidak biasa dan sangat menarik untuk dikaji, karena dalam memahami sebuah teks terutama dalam al-Qur’an, diperlukan pemaknaan suatu unsur yang membahas tentang keserasian dan keterkaitan hubungan leksikal antara satu ayat dengan ayat lain. Tujuan dari analisis wacana ini adalah untuk menemukan apa yang benar dimaksud dalam ayat tersebut atau untuk menemukan realitas dibalik wacana tersebut. Unsur kohesi leksikal tersebut difokuskan dalam penelitian ini yakni pada satu objek berupa Al-Qur’an yaitu Surat Ibrahim. Dari latar belakang tersebut, lahirlah dua rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian ini, yakni: 1) Bagaimana bentuk kohesi leksikal yang terdapat dalam surat Ibrahim? dan 2) Bagaimana keterkaitan bentuk piranti kohesi leksikal dengan surat Ibrahim?. Dengan rumusan masalah tersebut maka muncul tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui bentuk kohesi leksikal dalam surat Ibrahim, dan 2) Untuk mengetahui keterkaitan bentuk kohesi leksikal dengan surat Ibrahim. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis, sebagaimana data yang diperoleh merupakan kalimat dari teks dalam Surat Ibrahim dengan disertai metode random sampling yang mengambil analisis dengan acak, namun tidak mengurangi maksud yang akan dituju dalam penelitian ini. Dengan sumber data adalah al-Qur’an al-Karim. Sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah kajian analisis wacana. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kisah dalam al-Qur’an surat Ibrahim terdapat unsur-unsur kohesi leksikal. Unsur ini disebut dengan kohesi leksikal, yakni suatu konsep semantik yang mengacu kepada hubungan makna yang ada dalam suatu wacana yang ditandai dengan pemarkah, seperti Repetisi dan Kolokasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kohesi Leksikal, Analisis Wacana, Surat Ibrahim
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya > 492 Afro-Asiatik bahasa; bahasa Semit
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2023 03:50
Perubahan Terakhir: 17 Okt 2023 03:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13504

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.