Putri, Cita Laksana (2023) Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Mencegah Kenakalan Remaja Madya (Studi Kasus di Desa Saketi Kecamatan Saketi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_191520021_Cover.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520021_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520021_Bab I.pdf Download (184kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_191520021_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (252kB) |
||
Teks
S_BKI_191520021_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (145kB) |
||
Teks
S_BKI_191520021_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (212kB) |
||
|
Teks
S_BKI_191520021_Bab V.pdf Download (96kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520021_Daftar Pustaka.pdf Download (142kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Remaja madya yang senang menghabiskan waktu dengan nongkrong dan begadang bersama temannya pada malam hari hanya untuk nyanyi-nyanyi, sekedar mengobrol berbagi cerita serta berkeluh kesah dengan teman-temannya dan bermain game online berupa permainan taruhan. Pentingnya memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama kepada keenam remaja madya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat menyebabkan kenakalan remaja. Sehingga, remaja madya dapat berperilaku positif. Teknik sosidrama dalam layanan bimbingan yang diberikan oleh peneliti dilakukan dalam tahapan kegiatan layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan dengan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi kenakalan remaja madya? 2) Bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosidodrama untuk mencegah kenakalan remaja madya? 3) Bagaimana hasil dari penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah kenakalan remaja madya? Penelitian ini memiliki tujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi kenakalan remaja madya. 2) Mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah kenakalan remaja. 3) Mengetahui hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah kenakalan remaja. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawacara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juni 2023, dengan jumlah 6 remaja madya yang dijadikan sebagai subjek penelitian, yaitu FN, DF, MF,AP,AR dan FK. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: 1) Kondisi kenakalan remaja madya yang terjadi di Kp. Saketi Pasir Rt 03/ Rw 01 adalah kebiasaan nongkrong pada malam hari dan begadang sampai pagi, bahkan 2 dari 6 remaja madya mengaku jarang pulang ke rumah. 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dilakukan dengan empat tahapan, teknik sosiodrama yang dilakukan pada tahap kegiatan. 3) Hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama adalah dapat mencegah kenakalan remaja. Setelah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok, 6 remaja berperilaku baik dan adanya keinginan untuk menjauhi kenakalan remaja.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kenakalan Remaja, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 17 Okt 2023 03:31 |
Perubahan Terakhir: | 04 Apr 2024 04:24 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13501 |
Actions (login required)
Lihat Item |