Jariyah, Ainun (2023) Konseling Individual Menggunakan Teknik Penguatan Positif untuk Memotivasi Remaja dalam Mengikuti Kegiatan Muhadatsah (Studi di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Daarunnadwah Kramatwatu Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_191520137_Cover.pdf Download (27kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520137_Lampiran Depan.pdf Download (472kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520137_Bab I.pdf Download (236kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_191520137_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (293kB) |
||
Teks
S_BKI_191520137_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (196kB) |
||
Teks
S_BKI_191520137_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (255kB) |
||
|
Teks
S_BKI_191520137_Bab V.pdf Download (35kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520137_Daftar Pustaka.pdf Download (76kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini meliputi: 1) Mengetahui motivasi remaja dalam mengikuti kegiatan muhadatsah. 2) Mengetahui penerapan konseling individual dengan teknik penguatan positif untuk memotivasi remaja dalam mengikuti kegiatan muhadatsah. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan konseling individual dengan teknik penguatan positif untuk memotivasi remaja dalam mengikuti kegiatan muhadatsah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mendeskipsikan, menguraikan dan menggunakan analisis yang sesuai dengan data dan fakta yang didapatkan dari lapangan. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian ini berjumlah 4 orang remaja. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Kondisi umum motivasi remaja dalam mengikuti kegiatan pembelajaran muhadatsah di LKSA Daarunnadwah Kramatwatu Serang terbilang rendah. 2) Penerapan layanan yang diberikan adalah layanan konseling individual menggunakan pendekatan behavioral dengan teknik penguatan positif (reinforcement positive) yang terdiri atas 4 tahapan yaitu melakukan asesmen (assesment), menentukan tujuan (goal setting), mengimplementasikan teknik (technique implementation), dan evaluasi serta mengakhiri konseling (evaluation-termination). 3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan layanan konseling yang diberikan, namun layanan konseling individual dengan teknik penguatan positif dapat membantu menumbuhkan semangat dan motivasi belajar pada remaja dalam mengikuti kegiatan muhadatsah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Konseling Individual, Penguatan Positif, Motivasi, Remaja |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 17 Okt 2023 02:33 |
Perubahan Terakhir: | 04 Apr 2024 03:43 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13495 |
Actions (login required)
Lihat Item |