Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Diskusi Dalam Kesadaran Santri Tentang Bahaya Bullying

Amelia, Mita (2023) Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Diskusi Dalam Kesadaran Santri Tentang Bahaya Bullying. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
cover mita.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
lampiran Depan Mita.pdf

Download (399kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (339kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (189kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (266kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstrak

Nama: Mita Amelia, NIM: 191520050, Judul Skripsi: “Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Diskusi Dalam Kesadaran Santri Tentang Bahaya Bullying” (Studi di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon, Banten), Jurusan: Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten tahun 2023 M/ 1445 H. Pondok Pesantren dianggap masyarakat sebagai cara terbaik untuk membangun karakter santri. Karakter seorang santri tentu tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana, karena terkadang seorang santri masih bisa melanggar peraturan dan hal utama yang harus diperhatikan adalah banyak nya pelanggaran yang dilakukan salah satu nya yaitu bullying. Mengingat kondisi asrama dengan jumlah penghuni yang banyak dan ruang yang terbatas tentu menimbulkan banyak gesekan jika tidak diterapkan dengan penanganan yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana pengetahuan santri tentang penting nya kesadaran bahaya bullying. (2) Bagaimana penerapan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi dalam kesadaran santri tentang bahaya bullying. (3) bagaimana hasil layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi dalam kesadaran santri tentang bahaya bullying. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menumbuhkan kesadaran santri tentang bahaya bullying. (2) Untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat menumbuhkan kesadaran santri tentang bahaya bullying. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yang digunakan untuk mengetahui pemahaman santri tentang bahaya bullying. Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskripstif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskripstif berupa lisan dari perilaku yang sedang diamati. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah adalah; observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa (1) bimbingan kelompok dilaksanakan tiga kali pertemuan, pertemuan pertama pada tanggal 22 Mei 2023, pertemuan kedua pada tanggal 02 Juni 2023. Dan pertemuan ketiga pada tanggal 09 Juni 2023. (2) terjadi perkembangan dalam pemahaman kesadaran bahaya bullying di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon, dimana santri menjadi sadar akan bahaya bullying dan dampak yang merugikan bagi pelaku maupun korban dengan pemahaman yang telah dilakukan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Muzayan Pembimbing II: Iwan Kosasih,
Kata Kunci (keywords): Bimbingan kelompok, Santri, Bullying
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 16 Okt 2023 03:03
Perubahan Terakhir: 16 Okt 2023 03:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13475

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.