Peran Koperasi Pakem Berkah Bersama (PBB) Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Kinerja UMKM Studi Di Desa Sukamantri Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang

Fuadah, Nurul (2023) Peran Koperasi Pakem Berkah Bersama (PBB) Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Kinerja UMKM Studi Di Desa Sukamantri Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530074_COVER.pdf

Download (122kB)
[img] Teks
S_PMI_191530074_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (408kB)
[img] Teks
S_PMI_191530074_BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Teks
S_PMI_191530074_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (414kB)
[img] Teks
S_PMI_191530074_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (330kB)
[img] Teks
S_PMI_191530074_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (251kB)
[img] Teks
S_PMI_191530074_BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Teks
S_PMI_191530074_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Teks
S_PMI_191530074_LAMPIRAN BELAKANG.pdf

Download (832kB)

Abstrak

Nama: Nurul Fuadah, NIM: 191530074, Judul Skripsi: Peran Koperasi Pakem Berkah Bersama (PBB) Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Kinerja UMKM Studi Di Desa Sukamantri Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten 2023M/1445H. Permasalah bidang ekonomi di daerah Kecamatan Pasar Kemis Tangerang, menjadi bagian dari latar belakang masalah pada penelitian ini. Tinggi rendahnya pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat diketahui dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kemiskinan selalu menjadi topik yang tak kunjung henti, masalah yang kompleks dan sudah tidak asing lagi di dengar oleh semua kalangan masyarakat yaitu kemiskinan. Sebagai masalah global yang tak kunjung henti, kemiskinan sering dikaitkan dengan kesulitan, kesukaran, dan kekurangan dalam berbagai situasi kehidupan. Sebagaimana dengan tujuan didirikannya koperasi pakem berkah bersama untuk mendukung perberdayaan ekonomi masyarakat, melalui pendampingan kepada pelaku UMKM untuk membantu berkembangnya usaha UMKM dan mengikutsertakan UMKM dalam bazar/festival. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Mendeskripsikan kondisi umum anggota Koperasi Pakem Berkah Bersama di Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. 2) Mendeskripsikan program dan strategi Koperasi Pakem Berkah Bersama di Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menjalankan program Koperasi Pakem Berkah Bersama di Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dari hasil wawancara, studi dokumentasi, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengetahui dan menuliskan lewat deskriptif peranan koperasi pakem berkah bersama dalam meningkatkan pemberdayaan kinerja UMKM. Hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa koperasi pakem berkah bersama dalam program pelatihan dan pendidikan UMKM, serta program festival/event tahunan banyak sekali memberikan manfaat. Dalam pelaksanaan kegiatannya koperasi ini memiliki peran sebagai konsultan, motivator, dan fasilitator terhadap UMKM. Dalam menjalankan program atau peranan koperasi memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi dukungan pemerintah setempat, partisipasi aktif masyarakat, dan kepemimpinan yang baik dari pengurus koperasi. Kemudian faktor penghambatnya meliputi kurangnya pengetahuan dan keterampilan anggota, keterbatasan modal untuk pengembangan usaha, dan persaingan yang semakin ketat di era globalisasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Akrom Pembimbing ll : Hj. Azizah Alawiyyah
Kata Kunci (keywords): UMKM, Koperasi, Pemberdayaan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 13 Okt 2023 08:35
Perubahan Terakhir: 13 Okt 2023 08:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13470

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.