Penguatan Industri Rumah Tangga Pada Kelompok Asep Klakat Melalui Pelatihan Pembukuan Keuangan dan Strategi pemasaran (Participatory Action Research (PAR) di Desa Kadugenep Kecamatan Petir

Hildawati, Hilawati (2023) Penguatan Industri Rumah Tangga Pada Kelompok Asep Klakat Melalui Pelatihan Pembukuan Keuangan dan Strategi pemasaran (Participatory Action Research (PAR) di Desa Kadugenep Kecamatan Petir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
1 COVER.pdf

Download (230kB)
[img] Teks
2 LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (784kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (644kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (376kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (531kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (448kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Teks
LAMPIRAN BELAKANG.pdf

Download (551kB)

Abstrak

Nama: Hildawati, NIM: 191530004, Judul Skripsi: “Penguatan Industri Rumah Tangga Pada Kelompok Asep Klakat Melalui Pelatihan Pembukuan Keuangan dan Strategi pemasaran (Participatory Action Research (PAR) di Desa Kadugenep Kecamatan Petir”, Jurusan: Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten tahun 2023 M/1445 H. Industri rumah tangga Asep Klakat yang berada di Desa Kadugenep ini merupakan sebuah usaha rumahan yang dilatarbelakangi oleh potensi yang dimiliki. Ketersediaan bahan baku bambu yang tumbuh disekitar desa tersebut merupakan potensi sumberdaya alam yang dimiliki, sedangkan keterampilan mengrajin bambu merupakan sumberdaya manusia yang menjadi pendukung potensi tersebut. Industri rumah tangga Asep Klakat tersebut merupakan usaha yang sudah terjalin cukup lama. Meskipun industrinya terbilang cukup lama, akan tetapi industri tersebut tidak memiliki pembukuan keuangan, karena belum mengetahui dan memahami cara melakukan pembukuannya. Selain itu, kelompok tersebut juga belum melakukan pemasaran secara online, karena belum memiliki pengetahuan tentang strategi pemasaran secara online. Oleh karena itu diperlukan pendampingan khusus untuk menambah pengetahuan dan keterampilan pelaku industri rumah tangga, melalui pelatihan pembukuan keuangan dan strategi pemasaran sebagai penguatan pada industri rumah tangga klaakat bambu tersebut. Tujuan penelitian dari pelatihan pembukuan keuangan dan strategi pemasaran ini adalah: 1) Memberikan pengetahuan dan pelatihan pembukuan keuangan kepada para pelaku industri rumah tangga Asep Klakat 2) Memberikan pengetahuan dan pelatihan tentang pemasaran pada pelaku industri rumah tangga Asep Klakat Metode penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, Focus Grouf Discussion (FGD) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini sendiri yaitu : 1) kelompok industri rumah tangga Asep Klakat mamapu membuat pembukuan keuangan, 2) Kelompok industri rumah tangga Asep Klakat mampu membuat dan menggunakan marketplace sebagai sarana pemasaran secara online.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Eneng Purwanti Pembimbing II: Gian Nova Sudrajat
Kata Kunci (keywords): Industri Rumah Tangga, Asep Klakat, Pembukuan Keuangan, Strategi Pemasaran
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 13 Okt 2023 08:18
Perubahan Terakhir: 13 Okt 2023 08:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13469

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.