Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Program Ekonomi Kreatif Pembuatan Keripik Pisang (Studi Dampingan Di Kampung Katulisan Kelurahan Kasemen Kecamatan Kasemen Kota Serang),

Fitriani, Indah (2023) Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Program Ekonomi Kreatif Pembuatan Keripik Pisang (Studi Dampingan Di Kampung Katulisan Kelurahan Kasemen Kecamatan Kasemen Kota Serang),. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
1.Cover.pdf

Download (202kB)
[img] Teks
2.Lampiran Depan.pdf

Download (822kB)
[img] Teks
3.BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Teks
4.BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (357kB)
[img] Teks
5.BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (684kB)
[img] Teks
6.BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
7.BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Teks
8.daftar pustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Teks
9.Lampiran Belakang.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Nama: Indah Fitriani, NIM:191530006, Judul Skripsi: “Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Program Ekonomi Kreatif Pembuatan Keripik Pisang (Studi Dampingan Di Kampung Katulisan Kelurahan Kasemen Kecamatan Kasemen Kota Serang), Jurusan: Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten tahun 2023 M/1444 H. Pemberdayaan keripik pisang melalui UMKM yang ada di Kampung Katulisan Kelurahan Kasemen Kecamatan Kasemen sangat membantu perekonomian masyarakat sana. Pisang yang mereka produksi dan juga yang dijadikan bahan baku pembuatan keripik pisang yang diproduksi sendiri oleh ibu-ibu kelompok pengrajin pisang yang ada di Kampung katulisan, sumber mata pencaharian masyarakat di daerah Kasemen khususnya untuk ibu-ibu rumah tangga adalah dengan memproduksi keripik pisang. Bedasarkan potensi yang saya lihat kelompok pengrajin keripik pisang ini memiliki potensi yang sangat besar dan dapat mengembangkan usaha yang sedang mereka kembangkan, Keripik pisang merupakan salah satu camilan Indonesia yang sangat populer, baik didalam negeri maupun luar negeri. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk melakukan pemberdayaan terhadap kelompok ibu-ibu dalam memproduksi keripik pisang, 2. Untuk membantu kelompok ibu-ibu dalam pemasaran melalui online, 3. Untuk membantu kelompok ibu-ibu keripik pisang dalam pengemasan agar lebih menarik. Penelitian ini menggunakan metode: Participatory action reseach (PAR) merupakan metode pendekatan pemberdayaan masyarakat, metode PAR salah satunya adalah pemberdayaan masyaratak berbasis pendampingan. pengertian yang dimaksud peran pendamping adalah suatu tugas atau aktivitas yang dilakukan oleh seseorang yang menjadi penghubung masyarakat dengan berbagai lembaga terkait dan diperlukan bagi pengembangan. Pendamping sering dikaitkan dengan pekerja sosial dan kegiatan pendampingan merupakan pekerjaan sosial. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang di lakukan yaitu: 1. Kelompok pengrajin keripik pisang mampu membuat olahan keripik pisang menjadi memiliki varian rasa 2. Kelompok pengrajin keripik pisang mampu membuat pemasarannya melalui online seperti shopee, tiktok 3. Kelopompok pengrajin keripik pisang mampu menjadikan pengemasannya dengan lebih menarik untuk di pasarkan. Pengemasan sebelumnya menggunakan standing pouch setelah ada nya pemdampingan menggunakan alumunium foil.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Dr. Masykur. S. Ag. M. Hum Pembimbing II : Dr. Akrom. S. Ag. M. Si
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga, Ekonomi Kreatif, Pendampingan Keripik Pisang
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 13 Okt 2023 07:36
Perubahan Terakhir: 13 Okt 2023 07:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13466

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.