Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan, Good Corporate Governance, Dan Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Serang A. Yani 1)

Puadah, Siti Uswatul (2023) Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan, Good Corporate Governance, Dan Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Serang A. Yani 1). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_181420086_Cover.pdf

Download (101kB)
[img] Teks
S_PBS_181420086_Lampiran Depan.pdf

Download (703kB)
[img] Teks
S_PBS_181420086_BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Teks
S_PBS_181420086_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (539kB)
[img] Teks
S_PBS_181420086_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (329kB)
[img] Teks
S_PBS_181420086_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (655kB)
[img] Teks
S_PBS_181420086_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_PBS_181420086_Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstrak

Bank syariah mulai digemari masyarakat tentunya menjadi kebanggaan dan keberuntungan bagi pengelola bank syariah untuk memperbaiki berbagai aspek seperti pelayanan dan kualitas produk, Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor dalam menentukan keunggulan bank dalam menghadapi persaingan antar perbankan. Menerapkan Good Corporate Governance agar perusahaan berkembang dengan baik dan sehat, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan nasabah dan loyalitas nasabah dalam jangka panjang, Strategi pemasaran dalam perbankan biasanya diutamakan supaya para calon nasabah tertarik akan produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Berdasarkan latar belakang diatas dan memperjelas arah penelitian, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Apakah Ekuitas Merek berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Serang A. Yani 1? 2). Apakah good corporate governance berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Serang A. Yani 1? 3). Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Serang A. Yani 1? 4). Apakah strategi pemasaran berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Serang A. Yani 1? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Serang A. Yani 1. 2). Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Serang A. Yani 1. 3). Untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Serang A. Yani 1. 4). Untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Serang A. Yani 1. Penelitian ini menggunakan metode analisis linear berganda dimana metode yang digunakan untuk mengetahui pengaruh X1, X2, X3, dan X4 terhadap loyalitas nasabah yang ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi. Metode yang digunakan diantaranya uji kualitas data yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, serta menggunakan uji statistik karena diduga terdapat pengaruh antara ekuitas merek, kualitas pelayanan, good corporate governance, dan strategi pemasaran terhadap loyalitas nasabah, dan uji koefisiensi determinasi. Kesimpulan pengujian hipotesis pada variabel ekuitas merek diketahui nilai t hitung 0,947 < t tabel 1,98472, maka tidak terdapat pengaruh terhadap loyalitas nasabah. Hasil pengujian variabel kualitas pelayanan diketahui nilai t hitung -1,940 < tabel 1,98472, maka tidak terdapat pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Hasil pengujian variabel good corporate governance diketahui nilai t hitung 1,552< tabel 1,98472, maka tidak terdapat pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Hasil pengujian variabel strategi pemasaran diketahui nilai t hitung 3,986 < tabel 1,98472, maka terdapat pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Uji f menunjukan secara simultan pengaruh antara ekuitas merek, Kualitas Pelayanan, Good Corporate Governance dan Strategi Pemasaran berpengaruh positif terhadap Loyalitas Nasabah, dengan nilai F hitung 10,694 > F tabel 2,46. Analisis secara statistik diketahui bahwa persamaan regresi linear berganda Y = 3,091 + 0,069 X1 + -0,062 X2 + 0,068 X3 + 0,278 X4. Berdasarkan dari output spss tabel summary bahwa nilai determinasi atau pengaruh R square sebesar 0,557, hal ini menunjukan bahwa pengaruh variable bebas terhadap variabel terikat sebesar 55,7% berdasarkan pada tabel interval determinasi 0,40 – 0,599 dikategorikan sedang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Ekuitas merek, Kualitas Pelayanan, Good Corporate Governance, Strategi Pemasaran, dan Loyalitas Nasabah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 12 Okt 2023 08:39
Perubahan Terakhir: 12 Okt 2023 08:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.